Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Kelompok PG Usia 3-4 Tahun melalui Senam Hulahop

Euis Robiah Al Adawiyah, Ayi Sobarna, Nurul Afrianti

Abstract


Abstract.Coarse motor development is a very important development for early childhood, because at this stage it will affect other developments. Research based on gross motor skills in children in PAUD Mekar sari in the PG group aged 3-4 years looks still low, hence This study aims to determine the gross motor skills of children after hulahop gymnastics activities are applied, This research uses the method used in this study is Classroom Action Research (CAR) using the Kemmis & MC Taggart model. The participants of this study were children of the PG group aged 3-4 years in PAUD Mekar Sari, totaling 10 people, consists of 7 boys, 3 girls. This research aims to provide more varied gross motor development activities, so that children do not feel bored doing gymnastics activities. The data collection technique uses observation, interview, and documentation techniques. From the results of the study showed that the results of pre-cycle observation there were no children in the category of developing according to expectations (BSH), at the end of cycle 1 the average child entered the category began to develop (MB) and at the end of cycle 2 children entered the category of developing according to expectations (BSH ) This increase was due to a combination of locomotor, stability, and manipulative movement activities that were able to provide appropriate stimulation for children's gross motor skills, so it can be concluded that hulahop gymnastics activities could improve the gross motor skills of PG group children in Mekar Sari PAUD. And with this research, the process of forming activities that can improve gross motor skills will be a new phenomenon to be applied to early childhood.
Keywords: Rough Motor Skills, Hulahop Gymnastics
 
Abstrak.Perkembangan motorik kasar merupakan perkembangan yang sangat penting bagi anak usia dini, karena pada tahap ini akan berpengaruh pada perkembangan yang lainnya, Penelitian yang dilatar belakangi oleh keterampilan motorik kasar pada anak di PAUD Mekar sari kelompok PG Usia 3-4 tahun terlihat masih rendah, maka penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui keterampilan motorik kasar anak setelah diterapkan kegiatan senam hulahop,  Penelitian ini menggunakan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis & MC Taggart yang yang Adapun partisipan dari penelitian ini adalah anak-anak kelompok PG usia 3-4 tahun di PAUD Mekar Sari yang berjumlah 10 orang, terdiri 7 orang anak laki-laki, 3 orang anak perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kegiatan pengembangan motorik kasar yang lebih variatif, sehingga anak merasa tidak bosan melaksanakan kegiatan senam. Adapun tekhnik pengambilan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa hasil observasi pra siklus tidak ada anak yang masuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH), pada akhri siklus 1 rata-rata anak masuk kategori mulai berkembang (MB) dan pada akhir siklus 2 anak masuk kategori berkembang sesuai harapan (BSH) Peningkatan ini dikarenakan terdapat gabungan kegiatan gerakan lokomotor, stabilitas, dan manipulatif yang mampu memberikan rangsangan yang tepat untuk keterampilan motorik kasar anak, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegiatan senam hulahop dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak kelompok PG di PAUD Mekar Sari. Dan dengan adanya penelitian ini maka proses pembentukan kegiatan yang mampu meningkatkan keterampilan motorik kasar akan dapat menjadi fenomena baru untuk diterapkan pada anak usia dini.
Kata Kunci : Keterampilan Motorik Kasar, Senam Hulahop
 

Keywords


Keterampilan Motorik Kasar, Senam Hulahop

Full Text:

PDF

References


Anandita, (2010), Mengenal Senam, Bandung, Tim Quadra

Arikunto, S (2010), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta , Rineka Cipta

Arikunto,S, Suhardjono, Supardi, (2015), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bumi Aksara

Farida, (2001), Perkembangan Motorik Kasar Anak TK, Makalah pada PGTK, UT Bandung. Tidak diterbitkan

Hasan M, (2012), Pendidikan Anak Usia Dini, Jogyakarta, DIVA Press (Anggota IKAPI)

Hendriana, Afrilianto (2017), Langkah Praktis Tindakan Penelitian Kelas, Bandung, PT Refika Aditama

Helmawati, (2015), Mengenal Dan Memahami PAUD, Bandung, PT Remaja Rosda Karya

IGA K Wardhani dan Kuswaya Wihardit (2011), Materi Pokok Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Universitas Terbuka

Islamiyah, H (2015), Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Tersedia Di :

https://www.kompasiana.com/hawwa31/5535bc106ea834282dda42d5/faktorfaktor-yang-mempengaruhi-perkembangan-motorik-anak

Mukhtar, L Dkk, (2013), Orientasi Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, Prenada Media Group

Masnipal, (2018), Menjadi Guru Paud Profesional, Bandung, Remaja Rosda Karya

Modul PLPG., (2013), Pendidikan Usia Dini, Badan Pengembangan Sumber Daya manusia

NN, (2013), Triangulasi Dalam Penelitian Kualitatif Tersedia Di :

http://hartatyfatshaf.blogspot.com/2013/09/triangulasi-dalam-penelitian-kualitatif_21.html

Rahmasari, D (2011), Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, Tersedia Di :

https://www.kompasiana.com/harlinadwirahmasari/54f7c2a9a33311191c8b4a50/perkembangan-fisikmotorik-pada-anak-usia-dini

Rahminawati, & Inten,(2017). Prosiding Pendidikan Guru PAUD; Vol 3, No 2, Pendidikan Guru PAUD (Agustus, 2017); 68-73

http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/paud/article/view/8621/pd

Rizki,(2009), Tekhnik Analisis Data Kualitatif, Kuantitatif Menurut Para Ahli Tersedia Di,

https://www.google.com/search?q=tekhnik+analisis+data+adalah&oq=tekhnik+analisis+data+adalah&aqs=chrome..69i57.7740j0j8&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Samsudin, (2005), Pengembangan Motorik Di Taman Kanak-Kanak, Jakarta, Universitas Negeri Jakarta

Saripudin, M, (1980), Olahraga, Jakarta, CV Mutiara

Syaripudin, M (1993), Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan

Solikhin,A (2016) , 10 Prinsip Pada Pembelajaran Anak Usia Dini, Tersedia di :

https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/2016/01/10-prinsip- pada-pembelajaran-paud.html

Sudarko, N , Metode Pengembangan Fisik Tersedia Di :

file:///C:/Users/Bagas/Downloads/Metode%20Pengembangan%20Fisik%20[Compatibility%20Mode].pdf

Sujiono,B (2005 ), Metode Pengembangan Fisik, Jakarta, Universitas Terbuka

Sujiono B, Dkk (2017), Materi Pokok Pengembangan Fisik, Tangerang Selatan, Universitas Terbuka




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20450

Flag Counter      Â