Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Penggunaan Media Kartu Bergambar dalam Kegiatan Bercerita pada Anak Kelompok B PAUD Tahfizh Pintar 2 Jl. Abadi 1 No. 25 Gegerkalong Kota Bandung
Abstract
Abstract. This research is motivated by students of B group PAUD Tahfizh Pintar 2, stating that some children experience independence problems in activities tidying and maintaining daily personal hygiene in schools and the environment, also independence in eating habits is still experiencing problems, this is due to lack of independence of children in Daily activities at school, dependence on the teacher, the child's desire to always ask for help from the teacher, and the lack of willingness to try to do it themselves, must always be reminded. This research is a classroom action research conducted collaboratively. This research was conducted in 2 cycles, in one cycle there were 2 actions. The research subjects were group B students of Paud Tahfizh Pintar 2 totaling 11 students. Data collection techniques using direct observation and performance. The results of this study note that 1) storytelling techniques can increase independence in group B using picture cards, 2) an increase in each cycle, in the first cycle there was a slight increase, in the second cycle the most clearly visible increase in the independence of children in tidying activities and maintain daily personal hygiene at school and the environment, as well as independence in eating habits. 3) in each activity there must be a reward for each student. The use of storytelling techniques using picture cards using Classroom Action Research in increasing independence can be said to be successful.         Â
Keywords: Independence, method of storytelling, picture cards
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kelompok B PAUD Tahfizh Pintar 2 menyatakan bahwa sebagian anak mengalami masalah kemandirian dalam aktifitas merapihkan dan menjaga kebersihan diri sehari-hari di sekolah dan lingkungan, juga kemandirian dalam pembiasaan makan masih mengalami masalah, hal ini disebabkan karena kurangnya kemandirian anak dalam kegiatan sehari-hari di sekolah, ketergantungan pada guru, keinginan anak untuk selalu meminta bantuan kepada guru, dan kurangnya keinginan untuk berusaha mencoba melakukannya sendiri, harus selalu diingatkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam satu siklus ada 2 tindakan. Subjek penelitian siswa kelompok B Paud Tahfizh Pintar 2 yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi secara langsung dan unjuk kerja. Hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) teknik bercerita dapat meningkatkan kemandirian di kelompok B menggunakan kartu bergambar, 2) terjadi peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I adanya sedikit peningkatan, pada siklus II sebagian besar sudah terlihat  sangat jelas peningkatannya pada kemandirian anak dalam aktifitas merapihkan dan menjaga kebersihan diri sehari-hari di sekolah dan lingkungan, juga kemandirian dalam pembiasaan makan. 3) pada setiap kegiatan harus adanya rewardkepada setiap siswa. Penggunaan teknik bercerita menggunakan kartu bergambar dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dalam meningkatkan kemandirian dapat dikatakan berhasil     Â
Kata kunci: Kemandirian, Metode bercerita, kartu bergambar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M & Asrori M (2006). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik).Jakarta:Bumi Aksara
Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahsatya
Tarigan, M. B. (2014) Meningkatkan Kemandirian Anak Taman Kanak-kanak Melalui Metode Bermain Peran Makro. Skripsi Sarjana pada FIP PG PAUD UPI Bandung: Tidak diterbitkan
Suyanto, S (2005) Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : Hikayat publishing
Sujiono, Y. N. (2009) Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18965
   Â