Meningkatkan Kemampuan Membilang pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Congklak Modifikasi (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Permata Cendikia Babakan Ciamis)

Desi Siti Fatmawati, Erhamwilda Erhamwilda, Arif Hakim

Abstract


Abstract. This event will be based on research by the students in the Group B Paud Permata Cendikia who are having problems in the number. In fact the children haven't been able to mention the symbol number 1-20, haven't been able to use the coat of arms of numbers to count and haven't been able to match the numbers with the symbol numbers. This research aims to improve the ability to enumerate children ages 5-6 Years through Game Congklak modifications. Research methods the research method used was class Act (classroom action research). This research was conducted in cycle 3. The subject of research students in B group Old Permata Cendikia with the number 15. Data collection techniques using observation guidelines. Results of the study stated that after using congklak game mods the ability to enumerate children increased so rapidly ranging from the ability to mention coat of arms 1-20 the number is growing very well (BSB) and the percentage of 86.67% is 13 children (BSB), the ability to use the coat of arms of numbers to count progressed very well (BSB) with percentage 93.34% is 14 children (BSB), and the ability to match numbers with numbers growing coat very well (BSB) and the percentage of 86.67% is 13 children.

 

Keywords: the ability to counting , congklak, Game Modification.

 

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa di kelompok B Paud Permata Cendikia yang mengalami masalah di dalam membilang. Nyatanya anak-anak belum mampu menyebutkan lambang bilangan 1-20, belum mampu menggunakan lambang bilangan untuk menghitung dan belum mampu mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Kemampuan Membilang Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Congklak Modifikasi. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian siswa kelompok B Paud Permata Cendikia dengan jumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa setelah menggunakan permainan congklak modifikasi kemampuan membilang anak meningkat  begitu pesat mulai dari kemampuan menyebutkan lambang bilangan 1-20 berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 86,67% yaitu 13 anak (BSB), kemampuan menggunakan lambang bilangan untuk menghitung berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 93,34% yaitu 14 anak (BSB), dan kemampuan mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan berkembang sangat baik (BSB) dengan persentase 86,67% yaitu 13 anak.

 

Kata Kunci: kemampuan membilang, Permainan, congklak modifikasi.

Keywords


kemampuan membilang, Permainan, congklak modifikasi

Full Text:

PDF

References


Beaty, J. Janice. 2014. Observasi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media

Masnipal. 2013. Siap menjadi guru dan Pengelola PAUD Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Morrisson, G. S. 2012. Dasar-dasar Pendidik Anak Usia Dini. Jakarta: Edisi Kelima. Jakarta: Indeks.

Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendiknas

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12458

Flag Counter      Â