Pengelolaan Metode Huffazh dalam Program Tahfizh Quran di SMA Darul Falah Cihampelas Bandung Barat

Muhammad Ibnu Sabil, Aep Saepudin, Fitroh Hayati

Abstract


Abstract. Every Muslim is obliged to know and understand the Qur'an by studying it seriously. Then from some Muslims are obliged to maintain the purity of the Qur'an. One way to reach the level of understanding and preserve the Qur'an's dignity is by memorizing the Koran, by memorizing it, the Muslim can know, understand, and keep the Qur'an's purity perfectly. one easy way to memorize al-quran is to use the method, The method used is huffazh is the method of memorizing with colored Quran. and is used so that students are easier to memorize. The method used in this research is descriptive with qualitative approach. The technique of this research is by interview technique, observation and documentation study as supporting data of research. The result of this research is knowing the process of planning, implementation, evaluation and supporting factor and inhibiting program tahfizh Al-Quran in Senior High School Darul Falah

Keywords:Tahfizh Qur'an, Planning, Implementation, Evaluation, Huffaz Method.

 

Abstrak.Setiap muslim berkewajiban untuk mengenal dan memahami Al-Quran dengan jalan mempelajarinya secara sungguh-sungguh. Kemudian dari sebagian muslim tersebut wajib untuk menjaga kemurnian Al-Quran. Salah satu cara untuk mencapai tingkat pemahaman dan menjaga kemurniaan Al-Quran adalah dengan Menghafal Al-Quran. Dengan menghafal, muslim tersebut dapat mengenal, memahami, dan menjaga kemurniaan Al-Quran secara sempurna. Salah satu cara mudah untuk menghafal Al-Quran adalah dengan menggunakan metode, Metode yang digunakan adalah metode huffazh, Metode huffazh adalah metode menghafal dengan Al-Quran berwarna. digunakan supaya siswa lebih mudah dalam menghafal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik penelitian ini adalah dengan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi sebagai data pendukung penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan faktor pendukung dan penghambat program tahfizh Al-Quran di SMA Darul Falah

Kata Kunci : Tahfizh Qur’an, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Metode Huffaz.

Keywords


Tahfizh Qur’an, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Metode Huffaz.

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan, dkk. (2000) Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga). Jakarta : Balai Pustaka.

Badudu. (1994). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdiknas.

Basuni, N. I. (2001). Kamus Konstektual Arab-Indonesia. Jakarta: Ulinnuha Press.

Hikmat. (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Rauf, A. A. (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur'an Da'iyah. Bandung: Syamil Cipta.

Rauf, A. A. (2017). Al-Quran Hafalan Al-Huffaz. Bandung: Cordoba.

Sa'dullah. (2008). 9 Praktis Mengafal Al-Quran. Jakarta: Gema Insani.

Shihab, Q. (2003). Wawasan Al-Quran. Bandung: Mizan.

Siagian, S. (2014). Filsafat Administrasi. Jakarta: Haji Masagung.

Suherman, E. (2010). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. B. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Wirojoedo, S. (1985). Teori Perencanaan Pendidikan. Yogyakarta: Liberty.

Yahya, A. (2003). Cara Mudah dan Cepat Menghafal Al-Quran. Jakarta: Pustaka Imam Syafi'i.

Yunanda, M. (2009). Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Balai Pustaka.

http://www.republika.co.id/berita/dunia islam/khazanah/13/09/18/mtaab3-tren-menghafal-alquran-makin-berkembang. diakses pada tanggal 16 November 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9692