Implementasi Metode Kibar untuk Cepat Mampu Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Hikmah Teladan Kota Cimahi

Wulan Atikaharni

Abstract


Abstract. The Qur'an is a sacred book for Muslims as a guide to life and legal resources. Allah SWT glorify the people who become Ahlu Al-Qur'an by studying the Qur'an either by reading, memorizing, and practicing it, he will be given various kinds of privileges in the after life.The process of learning the Qur'an, has a certain method that has a very important role in efforts to achieve learning objectives. In this case SD Hikmah Teladan using Kibar Method with the aim of providing convenience for students to be able to read the Qur'an quickly, fluently, and eloquently. Kibar method is a substitute method of the previous method of Iqra'Method and Method of A Ba Ta Tsa.This becomes the basis for knowing how the application of Kibar Method done in SD Hikmah Teladan in the process of learning Al-Qur'an. The method used in this research used descriptive analytic method with qualitative approach. The conclusion of this research is Kibar method is a method that is arranged applicative and effective, so the children becomes easier to read al-Qur’an as well and true in a relatively short time. The implementation of Kibar method used in learning to read Al-Qur'an was held in first, second and third grade. The implementation of the method is done in accordance with the learning schedule that has been determined in SD Hikmah Teladan. The system applied in learning Kibar Method is a classical and private system and accompanied by other methods, as well as its implementation using three volumes of the book. Achieving the ability to read Al-Qur'an by Kibar method is not only seen from the results of learning alone, but also seen from the learning process of reading Al-Qur'an. Therefore, it can be seen from the acquisition of the results of the ability of reading Al-Qur'an to students in SD HikmahTeladan by using Kibar Method showed an increase in the ability to quickly read the Qur'an well in accordance with the expected goals. Excess is more value that exists on a thing. While the lack is something that causes less than perfect. The advantages and disadvantages of Kibar method can be differentiated in terms of application with other methods. From the results of research that has been described, that the implementation and achievement of the ability has been done is in accordance with the relevant theory, it becomes the advantages and disadvantages that exist in the Kibar method.

Keywords: Implementation, Kibar Method, Fast Able to Read Al-Qur'an

 

Abstrak. Al-Qur’an adalah kitab suci bagi pemeluk agama Islam sebagai pedoman hidup dan sumber-sumber hukum. Allah Swt memuliakan orang yang menjadi Ahlu Al-Qur’an dengan mempelajari Al-Qur’an baik dengan membaca, menghafal, dan mengamalkannya, ia akan diberi berbagai macam keistimewaan di akhirat. Proses pembelajaran Al-Qur’an, memiliki metode tertentu yang mempunyai peranan sangat penting dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam hal ini SD Hikmah Teladan menggunakan Metode Kibar dengan tujuan memberikan kemudahan bagi siswa untuk dapat membaca Al-Qur’an dengan cepat, lancar, dan fasih. Metode Kibar merupakan metode pengganti dari metode sebelumnya yaitu Metode Iqra’ dan Metode A Ba Ta Tsa. Hal tersebut menjadi dasar untuk mengetahui bagaimana penerapan Metode Kibar yang dilakukan di SD Hikmah Teladan dalam proses pembelajaran Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan yang dilakukan menggunakan sistem klasikal dan privat atau individual. Sistem klasikal dilaksanakan ketika guru memperkenalkan metode Kibar untuk pertama kalinya kepada siswa saat masuk sekolah atau saat awal pelajaran BTAQ, sistem klasikal terdiri dri tiga teknik yaitu teknik 1) guru membaca, siswa mendengarkan; 2) guru membaca siswa menirukan; 3) membaca bersama-sama antara guru dan siswa. Sedangkan untuk sistem privat atau individual adalah proses belajar mengajar yang dilakukan dengan cara guru menyimak bacaan siswa secara bergiliran, hal tersebut dilakukan sehingga guru dapat berkonsentrasi dalam membimbing siswa saat membaca Al-Qur’an, serta penerapannya menggunakan tiga jilid buku kibar. Pencapaian kemampuan membaca Al-Qur’an dengan Metode Kibar tidak hanya dilihat dari hasil pembelajarannya saja, tetapi juga dilihat dari proses pembelajaran membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, dapat dilihat dari perolehan hasil kemampuan membaca Al-Qur’an pada peserta didik di SD Hikmah Teladan dengan menggunakan Metode Kibar menunjukan peningkatan dalam kemampuan cepat membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Kelebihan merupakan nilai lebih yang ada pada suatu hal. Sedangkan kekurangan adalah sesuatu yang menyebabkan kurang sempurna. Kelebihan dan kekurangan metode Kibar dapat di bedakan dalam segi penerapan dengan metode lainnya. Dari hasil penelitian yang sudah di paparkan, bahwa penerapan dan pencapaian kemampuan yang sudah dilakukan sudah sesuai dengan teori yang relevan, hal tersebut menjadi kelebihan dan kekurangan yang ada pada metode Kibar.

Kata Kunci: Implementasi, Metode Kibar, Cepat Mampu Membaca Al-Qur’an


Keywords


Implementasi, Metode Kibar, Cepat Mampu Membaca Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Aziz, A. (2010). Cara Mudah Belajar Tajwid. Jakarta: PT Embun Publishing.

Choer, A. (2014). Perkenalan Awal Dengan Al-Qur'an . Jakarta: Rineka Cipta .

Eveline Siregar, H. N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran . Bogor: Ghalia Indonesia.

Hasan, A. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Khanifatul. (2014). Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: PT Ar-Ruzz Media.

Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktek . Bandung : Alfabetha.

Mujiono, D. d. (2006). Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Rineka Cipta.

Munawwir, A. W. (1997). Al- Munawwir Kamus Arab- Indonesia. Surabaya: Penerbit Pustaka Progressif.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Uno, H. B. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.9534