Analisis Deskriptif Kurikulum Pendidikan Agama Islam Model Kuttab Al-Fatih Bandung
Abstract
Kuttab Al-Fatih adalah salah satu lembaga pendidikan untuk anak usia 5-12 tahun yang terinspirasi dari peradaban Islam yang gemilang. Kuttab adalah konsep Islam yang mempunyai sejarah panjang dalam melahirkan para ulama dan cendikiawan muslim yang besar dengan karya-karyanya. Dengan mengembalikan pendidikan Islam seutuhnya melalui kuttab, diharapkan akan mampu menghadirkan hasil yang sama dengan zaman keemasan Islam terdahulu.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk:(1)mendeskripsikan kurikulum yang diterapkan Kuttab Al-Fatih Bandung (2)mendeskripsikan implementasi kurikulum di Kuttab Al-Fatih Bandung (3) mendeskripsikan evaluasi dan penilaian model Kuttab Al-fatih Bandung.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian tentang kurikulum pendidikan Agama Islam Model Kuttab Al-Fatih Bandung meliputi kurikulum, tujuan, pendekatan dan metode serta evaluasi. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Iman dan Kurikulum al-Qur’an. Tujuan Kuttab Al-Fatih adalah mencetak generasi yang gemilang di usia belia. Pendekatan yang digunakan antara lain keteladanan, pembiasaan, dan pendekatan pengalaman melalui outing class. Metode yang digunakan berupa talaqqi, hafalan, tasmi’, dril, ceramah, tanya jawab, kisah, perumpamaan, dan bagdadiyah. Evaluasi yang digunakan meliputi ujian tema, kenaikan juz, dan ujian akhir semester serta refleksi hari, absensi kehadiran, tugas harian dan mutabaah hafalan
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran . Bandung : Remaja Rosdakarya.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Usman, J. d. (1996). Filsafat Pendidikan konsep dan perkembangan pemikiran. Jakarta: Grafindo persada
Sjalabi, A. (1973). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Dakir. (2004). Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta
Hasibuan, L. (2010). Kurikulum dan pemikiran Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada.
Syarifudin. (2005). Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al-Qur'an. Jakarta: Gema Insani.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.7323