Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Metode Insaniyah pada Siswa SDIT Fithrah Insani Kabupaten Bandung Barat

Nendah Samrotul Fuadah, Enoh Enoh, Asep Dudi Suhardini

Abstract


Proses pembelajaran membaca Al-Qur’an memerlukan metode yang efektif agar tercapai tingkat keberhasilan yang lebih tinggi dan merata bagi umat muslim. Dalam hal ini SDIT Fithrah Insani Kabupaten Bandung Barat melalui program TTQ (Tilawah dan Tahfidz Al-Qur’an) menggunakan Metode Insaniyah sebagai metode membaca Al-Qur’an bagi pemula. Strategi pengajaran Metode Insaniyah menggunakan klasikal, individual dan tutor sebaya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) konsep dasar dari metode insaniyah dalam meningkatkan kemampuan membaca  Al-Qur’an di SDIT Fithrah Insani (2) penerapan dari metode insaniyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di SDIT Fithrah Insani (3) hasil membaca Al-Qur’an siswa dengan menggunakan metode insaniyah di SDIT Fithrah Insani. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan meneliti penerapan metode insaniyah dan hasil membaca Al-Qur’an melalui metode insaniyah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Penerapan metode insaniyah menggunakan strategi pengajaran klasikal, individual dan tutor sebaya. Penggunaan strategi tergantung kepada guru, karena kemampuan siswa yang berbeda-beda serta guru lebih mengetahui situasi dan kondisi pada siswa. Keberhasilan dalam membaca Al-Qur’an dengan metode insaniyah tidak hanya dilihat dari hasil belajarnya saja, tetapi  dilihat dari segi prosesnya karena hasil belajar merupakan akibat dari dari proses pembelajaran. Hasil membaca Al-Qur’an pada siswa kelas satu menunjukan bahwa sebagian besar siswa lebih cepat mengenali huruf hijaiyah serta membaca Al-Qur’an melalui metode insaniyah. 


The process of learning to read the Qur'an should be effective methods in order to achieve a higher success rate and equal to Muslims. SDIT Fithrah Insani in Bandung Barat through TTQ program (Tilawah and Tahfidz Qur'an) is using the Method Insaniyah as a method of reading the Quran for beginners. Method. Teaching strategies Insaniyah using classical methods, individual and peer tutors.The purpose of this study was to determine : (1) basic concept of the Method Insaniyah in enhancing the ability to read the Qur'an in SDIT Fithrah Insani (2) application of the Method Insaniyah in enhancing the ability to read the Qur'an in SDIT Fithrah Insani (3) the reading of the Qur'an students using Insaniyah in SDIT Fithrah Insani. The method used is descriptive method with qualitative approaches to examine the application of the Method Insaniyah, the reading of the Qur'an through a method insaniyah. Data was collected through interviews, observation and documentation. Application of the Method Insaniyah using classical teaching strategies, individual and peer tutors.The use of the strategy depends on the teacher, because of the ability of different students and teachers more aware of the situation and the condition of the students. Success in reading the Qur'an with insaniyah method is not only seen from the study results, but also in terms of the process as a result of the learning outcomes of the learning process. Results of reading the Qur'an in the first grade students showed that most students are able to recognize the letters hijaiyah and be able to read the Qur'an through a Method Insaniyah.


Keywords


Reciting Al-Qur'an, Insaniyah Methods

References


Al-Qattan, Manna’ Khalil. 1992 Studi-studi Ilmu Qur’an. Jakarta : PT Pustaka Litera AntarNusa

Amrullah, Fahmi. 2008. Ilmu Al-Qur’an Untuk Pemula . Jakarta : Artha Rivera

Choer, Abdul. 2014. Perkenalan Awal Dengan Al-Qur’an. Jakarta : PT Rineka Cipta

Eveline dan Nana, Hartini. 2011. Teori belajar dan pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Majid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Mutmainnah, Siti. 2011. Penerapan Metode Tilawati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur`An Di MI Al-Falah Beran Ngawi. Semarang

Pandawa, Nurhayati. Hairudin. Sakdiyah, Mislinatul. 2009. Pembelajaran Membaca. Departemen Pendidikan Nasional

Rosyidin, Dedeng. Metode Pengajaran Al-Quran. Tersedia : http://file.upi.edu/direktori/fpbs/jur._pend._bahasa_arab/195510071990011 dedeng_rosidin/metodik_khusus_pendidikan_agama_islam.pdf.(Rabu,11/01/2017, 12:30)

Sarikin. Peningkatan kemampuan membaca al-qur’an dengan metode cooperative learing mencari pasangan. Tersedia : www.academia.edu. (Kamis, 05/01/2017:15:35)

Syaodih, Nana. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Syarifuddin, Ahmad (2005) Mendidik Anak Membaca, Menulis Dan Menicintai Al-Qur’an. Jakarta : Gema Insani Press




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6113