Nilai-Nilai Pendidikan dari QS. Al-Qasas Ayat 84 tentang Reward dan Punishment dalam Pendidikan

Fujiastuti Firdaus, Khambali Khambali

Abstract


Abstrack. As one supreme guidance for humanity, Al Qur'an consists of Numerous pointers for human in conducting their daily life. One of these guidelines gives counsel in regards to topic, strategy, and ways in education. This was represented in Al-Qasas: 84, in which explaining the concept of Allah's retribution. For those who did virtuous deeds, Allah will multiply the virtues on to them. However, for those who sins, Allah will repay them with misfortunes equal to the sins. Based on this, Al Qasas: 84 showed human motivation in doing virtuous deeds in hopes for receiving blessings from Allah, and vice versa. This concept became the guideline for islamic education for implementing reward and punishment system, in which the present study observed through Al Qasas:84 perspective. The purpose of this research is to compiling an explanation from the commentators on the meaning of QS. Al-Qasas verse 84, exploring and formulating the essence of QS. Al-Qasas verse 84, gathering expert opinion on the concept of reward and punishment in education, finding the educational values of Qs. Al-Qasas verse 84 regarding the concept of reward and punishment in education. The method used in this study is descriptive analysis, which was tahlili (garis miring) interpretation. The method interpreted Al Qur'an's verses by deconstructing the discourse of the verse being interpreted, and then, the study also tried to explain the meanings of the said verse. The present study deconstructed the verse by looking at the linguistic features, intertextuality among other verses, the background history of the verse, et cetera. Through this interpretation, the present study analysed the correlation between Al Qasas: 84 and reward and punishment education system. The study found that Al Qasas 84 complement reward and punishment concept in education while also implementing makrifat, tauhid, and ikhlas.

Keywords: Reward, Punishment, Goodness, Badness, Al-Qasas.

Abstrak. Al-Qur’an sebagai sumber utama sebagai petunjuk manusia, didalamnya terdapat bebagai macam kandungan petunjuk bagi kehidupan manusia termasuk diantaranya materi, strategi dan cara mendidik. Diantara petunjuk al-Qur’an tentang materi, strategi dan cara mendidik adalah surat al-Qasas ayat 84. Pada ayat dan surat tersebut diyakini janji dan ancaman atau balasan Allah Swt. Janji Allah Swt akan melipatgandakan orang yang melakukan kebaikan. Ancaman Allah Swt. akan membalas orang yang melakukan keburukan dengan balasan yang setimpal dengan keburukan yang telah dilakukannya. Berdasarkan pemahaman terhadap surat alQasas ayat 84 diketahui bahwa agar manusia termotivasi melakukan kebaikan maka Allah Swt. melipatgandakan balasan atas kebaikan yang telah dilakukan dan agar manusia menghindari keburukan Allah Swt. akan membalasnya dengan balasan yang setimpal. Pemahaman ini menjadi petunjuk bagi pendidikan Islami untuk diimplementasikan menjadi pemberian reward dan punishment. Dengan demikian sangat menarik diteliti terkait konsep reward dan punishment perspektif QS. alQasas ayat 84. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menyusun penjelasan dari para mufassir terhadap makna QS. Al-Qasas ayat 84, menggali dan merumuskan essensi tafsir QS. Al-Qasas ayat 84, mengumpulkan pendapat para ahli tentang konsep reward dan punishment dalam pendidikan, menemukan nilai-nilai pendidikan dari QS. Al-Qasas ayat 84 tentang konsep reward dan punishment dalam pendidikan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yakni metode tafsir tahlili yaitu menafsirkan ayat-ayat Al-quran dengan memaparkan segala aspek yang terkandung di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan serta menerangkan makna-makna yang tercakup didalamnya sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufasir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut. Jadi, memaparkan kandungan ayat dari segala aspek itu merupakan i’rab, munasabah ayat, asbabun nuzul, dan lain-lain. Dalam hal ini, ayat yang diteliti dengan menggunakan metode tahlili adalah surat al-Qashash ayat 84 dan korelasinya dengan reward dan punishment dalam pendidikan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa surat al-Qasas ayat 84 menguatkan konsep reward dan punishment yang edukatif serta didasari makrifat, tauhid dan ikhlas dalam impentasinya.

Kata Kunci: Reward, Punishment, kebaikan, keburukan, al-Qasas ayat 84.



Keywords


Reward, Punishment, kebaikan, keburukan, al-Qasas ayat 84.

Full Text:

PDF

References


Sugiono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Daradjat. (2012). Kepribadian Guru. Jakarta: Bulan Bintang.

Marimba. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Al-Ma`Arif

Mulyasa. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugroho. (2006). Reward Dan Punishment. Jakarta: Bulletin Cipta Karya Departemen Pekerjaan.

Nasrudin. 1998. Dienul Islam. Bandung: Al-Ma'arif

Setiawan, W. (2018). Reward Dan Punishment Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Al-Murabbi.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30930