Tanggapan Siswa Mengenai Pembelajaran Aqidah Akhlak Pengaruhnya terhadap Perilaku Siswa dalam Menghormati Guru (Penelitian di MA Al-Ghazali Kec. Majalaya Kab. Bandung)

Nadila Nurulita, Mujahid Rasyid, Huriah Rachmah

Abstract


Abstract. Inappropriate to do and does not reflect morals as a student, especially student behavior in respecting teachers Learning aqidah morality is learning in schools that learn about everyday behavior, but students do not apply the theories that have been learned in their daily lives. This is the background of researchers to examine the students responses about learning aqidah morals influence on student behavior in respecting teachers. The purpose of this study was to determine the implementation of Aqidah Morals learning, to determine student behavior towards teachers, and to determine how much students responses about learning aqidah morals influence on student behavior in respecting teachers at Islamic Senior High School Al-Ghazali, Majalaya District, Bandung Regency. The method used in this study is a survey method, with a quantitative approach. The population of this study were all students of Madrasah Aliyah Al-Ghazali, totaling 228 students, with a sample of 145 students. The data obtained in this study used the techniques of documentation, observation, interviews and questionnaires. then the data collected was analyzed using SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) version 26. Based on the results of data analysis through a questionnaire using the SPSS program  it can be concluded that there is a significant influence between learning aqidah morals with behavior respecting teachers at Islamic Senior High School Al-Ghazali. It is shown by the results of T-test, which amounted to (0.000 <0.05), or t> t table,(13.104> 2.265) thus, H0 is rejected and Ha accepted. The effect of the coefficient of determination is 54.6%, this is able to explain the variation in student behavior in respecting teachers by 54.6% and the remaining 45.4% is explained by other factors..

Keywords: Aqidah Akhlak Learning, Behavior Respecting Teachers.

Abstrak. Perilaku yang tidak pantas untuk dilakukan serta tidak mencerminkan akhlak sebagai seorang siswa, terutama perilaku siswa dalam menghormati guru. Pembelajaran aqidah akhlak menjadi pembelajaran yang ada disekolah yang mempelajari tentang perilaku sehari-hari, namun siswa tidak menerapkan teori yang sudah di pelajari dalam kehidupan sehari-harinya. Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk meneliti tentang tanggapan siswa mengenai  pembelajaran aqidah akhlak pengaruhnya terhadap perilaku siswa dalam menghormati guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak, mengetahui perilaku siswa terhadap guru, serta untuk mengetahiu  seberapa besar tanggapan siswa mengenai  pembelajaran aqidah akhlak pengaruhnya terhadap perilaku siswa dalam menghormati guru di Madrasah Aliyah Al-Ghazali Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Al-Ghazali yang berjumlah 228 peserta didik, dengan sampel sebanyak 145 peserta didik. Data penelitian ini di perolehan menggunakan teknik documentasi, observasi, wawancara dan angket. Setelah  itu data yang terkumpul dianalisa menggunakan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) versi 26.  Berdasarkan hasil analisis data melalui angket dengan menggunakan program SPSS  dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antra pelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa dalam menghormati guru di Madrasah Aliyah Al-Ghazali. Hal tersebut ditunjukan dengan hasil Uji  T, yaitu sebesar (0,000 < 0,05), atau t hitung > t tabel,  (13,104 > 2,265)  maka dengan demikian, H0 ditolak dan Ha diterima. Pengaruh koefisien determinasi sebesar 54,6%, hal ini mampu menjelaskan variasi pada perilaku siswa dalam menghormati guru sebesar 54,6% dan 45,4% sisanya di jelaskan oleh faktor lainnya.

Kata Kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Perilaku Menghormati.



Keywords


Pembelajaran Aqidah Akhlak, Perilaku Menghormati.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana.

Alma, B. (2010). Pembelajaran Studi Sosial. Alfabeta.

Anwar, Y. A. (2013). Studi Agama Islam. Pustaka Setia.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisi Multivariate dengan program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jumhuri, M. A. Al. (2015). Belajar Aqidah Akhlak Sebuah Ulasan Ringkas Tentang Asas Tauhid. CV Budi Utama.

Keda, O. (2020). Tak Terima Ditegur, 3 Pelajar SMA di Kupang Aniaya Guru - Regional Liputan6.com. https://www.liputan6.com/regional/read/4194378/tak-terima-ditegur-3-pelajar-sma-di-kupang-aniaya-guru

Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. PT Remaja Rosdakarya.

Mustofa, A. (2020). Konsep Akhlak Mahmudah Dan Madzmumah Perspektif Hafidz Hasan Al- Mas’Udi Dalam Kitab Taysir Al-Khallaq. Ilmuna, 2(1), 49–52.

Pratiwi, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Perilaku Peserta Didik Kelas V Di Min 2 Makassar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Rimbasari, F. D. (2018). Penyimpangan Perilaku Siswa Terhadap Peraturan Sekolah Dan Norma Sosial Di Mts Al-Maarif 02 Singosari Malang. Director, 15(29), 6.

Sami’uddin. (2019). Keharusan Menghormati Guru Yang Mengajar Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jurnal Studi Islam, 14(1), 11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixd Methods). Alfabeta.

Suriadi. (2019). Etika Interaksi Edukatif Guru dan Murid Menurut Perspektif Syaikh Ê»Abd Al-á¹¢amad Al-FalimbÄnÄ«. DAYAH: Journal of Islamic Education, 1(2), 155–155. https://doi.org/10.22373/jie.v1i2.2928




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30868