Pengaruh Pembinaan Akhlak Peserta Didik melalui Ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) terhadap Sikap Disiplin Peserta Didik di SMA Negeri 16 Kota Bandung

Mella Kurniawati, Helmi Aziz

Abstract


Abstract. Unevennes and background differences cause some issues connected with morals, especially with discipline. Fact shows us there are some students who are late to attend school and unable to follow the whole study activity. To help and guide this discipline act a vessel or an organization is required as a support. Researcher takes the research location at 16 senior high school Bandung that utiliza extracurricular Ikatan Remaja Masjid (IRMA) as a vessel to guide the discipline of their students. The purpose of this research is to observe how impactful extracurricular Ikatan Remaja Masjid (IRMA) in guilding 16 senior high school students discipline. This field research uses quantitative desciptive approach. Research subjects are students from grade XI and XII who join extracurricular Ikatan Remaja Masjid (IRMA) 16 senior high school Bandung. Data gathering technic uses on this research are interview, documentation by photo and survey. Result of this research shows us Ikatan Remaja Masjid (IRMA) has impacter the discipline of their students by 0.152 or 15.2%, with that Ikatan Remaja Masjid (IRMA) gave a pretty significant results in guilding 16 senior high school students discipline.

Keywords: Coaching, Discipline, Extracurricular Ikatan Remaja Masjid (IRMA)

Abstrak. Ketidakmerataan dan perbedaan latar belakang menimbulkan beberapa permasalahan yang berkenaan dengan akhlak, khususnya dalam hal kedisiplinan. Kenyataan menunjukkan bahwa masih terdapat peserta didik yang datang terlambat ke sekolah sehingga tidak mengikuti rangkaian Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara keseluruhan. Untuk membantu dalam membina sikap disiplin tersebut dibutuhkan suatu wadah sebagai penunjang. Peneliti mengambil lokasi penelitian di SMA Negeri 16 Kota Bandung yang menggunakan ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) sebagai wadah dalam membina sikap disiplin peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) dalam membina sikap disiplin peserta didik di SMA Negeri 16 Bandung. Penelitian lapangan ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII yang mengikuti ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) SMA Negeri 16 Bandung. Teknik pengumpulan data ysng digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) dalam membina sikap disiplin peserta didik mempunyai pengaruh sebesar 0,152 atau 15,2%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA) memberikan pengaruh yang cukup signifikan dalam membina sikap disiplin peserta didik di SMA Negeri 16 Bandung.

Kata Kunci: Pembinaan, Sikap Disiplin, Ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA)


Keywords


Pembinaan, Sikap Disiplin, Ekstrakurikuler Ikatan Remaja Masjid (IRMA)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Aziz, H. (2017). Program Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Perspektif Pendidikan Islam. Repository UNISBA, 86-87.

M.Hasan. (2002). Membentuk Pribadi Muslim. Yogakarta: Pustaka Nabawi.

Nurmalina. (2016). Disiplin dan Motivasi Kerja Guru Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta didik. As-Salam Vol.1 No.1, 84.

Zulfikar. (2016). Pengantar Pasar Modal dengan Pendekatan Statistika. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.30761