Pengelolaan Pembelajaran PAI di SMP Kemala Bhayangkari yang Dilakukan secara Daring

Eneng Sitimasrohah, Asep Dudi Suhardini, Arif Hakim

Abstract


Abstract. This study discusses how the process of implementing online learning at SMP Kemala Bhayangkari is, besides that it also discusses the difficulties experienced by teachers and students and what efforts are made by teachers in overcoming online learning difficulties in online learning so that the learning process continues. This study uses a qualitative approach, which is descriptive analysis. The results of this study illustrate that the implementation of online learning in PAI subjects at SMP Kemala Bhayangkari has been carried out quite well. It is shown that 1). The teacher has carried out learning planning in the form of making annual programs, semester programs, lesson plans, and learning media. 2). The implementation of learning begins with preliminary activities, core activity and closing activities. 3). The evaluations carried out by PAI teachers are formative and summative evaluations. However, online learning makes teachers and students experience difficulties during the learning process and becomes a challenge for teachers. To overcome learning difficulties the teacher provides solutions so that learning can still be done well.

Keywords: Learning Management, Online Learning, PAI.

Abstrak. Penelitian ini membahas bagaimana peroses pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Kemala Bhayangkari, selain itu juga membahas kesulitan yang dialami guru dan peserta didik serta upaya apa yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan pembelajaran daring agar proses pembelajaran tetap berjalan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, yang bersifat analis deskriptif. Hasil dari penelitian ini, menggambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran PAI di SMP Kemala Bhayangkari sudah terlaksana cukup baik. Hal ini ditunjukkan bahwa 1). Guru sudah melakukan perencanaan pembelajaran berupa pembuatan program tahunan, program semester, RPP, serta media pembelajaran. 2). Pelaksanaan pembelajaran dimulai dengan kegiatan pendahuluan, kegiatan ini dan kegiatan penutup. 3). Evaluasi yang dilakukan guru PAI yaitu evaluasi formatif dan sumatif. Namun, pembelajaran daring membuat guru dan peserta didik mengalami kesulitan ketika proses kegiatan pembelajaran dan menjadi tantangan tersendiri bagi guru. Untuk mengatasi kesulitan pembelajaran guru memberikan solusi agar pembelajaran tetap dapat dilakukan dengan baik.

 Kata Kunci: Pengelolaan Pembelajaran, Pembelajaran Daring, PAI.


Keywords


Pengelolaan Pembelajaran, Pembelajaran Daring, PAI.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (cet.II.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2014.

Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta; Bumi Aksara

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Munir. i2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komuniksdi. Bandung:Alfabeta

Rahmawati, D. S (2009). Kendala Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Internet Pada Mahasiswa PJJ S1 PGSD Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang

Supardi. 2013. Sekolah Efektif, Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Rajawali Pers.

Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 4 Tahun 2020.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29224