Implementasi Program Pengembangan Potensi Anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung
Abstract
Abstract. This study aims to determine the implementation of the Child Potential Development Program in Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah, Bojongloa Kaler District, Bandung City. The research problem raised is how to develop the potential of children in the madrasa environment through a program for developing the potential of children in Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah, Bojongloa Kaler sub-district, Bandung City. The research objectives specifically are to 1) explain the concrete situation related to the implementation of the potential development program for children in Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah, Bojongloa Kaler District, 2) Find an evaluation of the implementation of the child potential development program at Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah, Bojongloa Kaler District, and 3) Finding the supporting and inhibiting factors of the children's potential development program at Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah, Bojongloa Kaler District. The research method used is a deductive qualitative approach. Data collection techniques were carried out by observation, interviews and documentation. Then the data analysis technique is carried out using the Interactive Model method developed by Miles and Huberman, the steps are data collecting, reduction, data display, and verification. The results of this study reveal that: 1) This program is carried out in accordance with the objectives and is carried out in a planned manner according to the potential guidance schedule, namely on Saturday at 16.00-17.00 then in the month of Ramadan it is carried out on Monday-Saturday at 05.40-06.10. In addition, each field in this program is carried out in accordance with certain achievements at each meeting. Santri are selected based on early detection that appears when carried out using the extrospection type of observation method. The program developed is in accordance with the development of school-age children or 6-12 years. 2) Evaluation of the Implementation of the Child Potential Development Program at Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah MDT Al-Hikmah has been able to achieve its intended goal of providing added value to students with minimal achievements at the sub-district level. Furthermore, the program supervision carried out was deemed not good because it was not carried out unscheduled and not routinely. Meanwhile, according to the concept of continuous improvement, improvements must be carried out on an ongoing basis, 3) Supporting and Inhibiting Factors of the Child Potential Development Program at Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah found, namely: Supporting Factors; 1) Encouragement from the parents of students both morally and materially, 2) Spirit and competence of asatidz, 3) Spirit of students. Then the inhibiting factors found are; 1) Lack of energy, 2) Limited time, 3) Lack of discipline of students when participating in a program that is not facing a competition
Keywords: Program, Potential, Children, Madrasah, Evaluation.
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Pengembangan Potensi Anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah Kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Masalah penelitian yang diangkat adalah cara pengembangan potensi anak di lingkungan madrasah melalui program pengembangan potensi anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah kecamatan Bojongloa Kaler Kota Bandung. Tujuan Penelitian secara khusus adalah untuk 1) Menjelaskan keadaan konkret terkait pelaksanaan program pengembangan potensi anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah Kecamatan Bojongloa Kaler, 2) Menemukan evaluasi tentang pelaksanaan program pengebanga potensi anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah Kecamatan Bojongloa Kaler, dan 3) Menemukan faktor pendukung dan penghambat dari program pengembangan potensi anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah Kecamatan Bojongloa Kaler Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kualitatif deduktif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Interactive Model yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, langkah-langkahnya adalah data collecting, reduksi, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1) Program ini dilaksanakan sesuai dengan tujuan dan dilaksanakan secara terencana sesuai dengan jadwal bimbingan potensi, yaitu pada hari Sabtu pukul 16.00-17.00 lalu pada bulan Ramadhan dilaksanakan pada hari Senin-Sabtu pukul 05.40-06.10. Selain itu, setiap bidang dalam program ini dilaksanakan sesuai dengan capaian-capaian tertentu pada setiap pertemuannya. Santri dipilih berdasarkan deteksi dini yang muncul saat dilakukan menggunakan metode observasi jenis ekstropeksi. Program yang dikembangkan sudah sesuai dengan perkembangan anak usia sekolah atau 6-12 tahun. 2) Evaluasi Pelaksanaan Program Pengembangan Potensi Anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah MDT Al-Hikmah sudah mampu mencapai tujuan yang hendak dituju yaitu memberikan nilai tambah pada santri dengan prestasi minimal di tingkat kecamatan. Selanjutnya, Pengawasan program yang dilakukan dirasa tidak baik karena tidak dilaksanakan tidak terjadwal dan tidak rutin. Sedangkan menurut konsep continuous improvement perbaikan harus dilakukan secara berkelanjutan, 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Dari Program Pengembangan Potensi Anak di Madrasah Diniyah Takmiliyah Al-Hikmah yang ditemukan yaitu :Faktor Pendukung ; 1) Dorongan orangtua santri baik secara moril maupun materil, 2) Semangat dan kompetensi asatidz, 3) Semangat santri. Lalu faktor penghambat yang ditemukan yaitu; 1) Keterbatasan tenaga, 2)Keterbatasan waktu, 3) Kurangnya kedisiplinan santri saat mengikuti program yang tidak sedang menghadapi perlombaan
Kata Kunci: Program, Potensi, Anak, Madrasah, Evaluasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Mukafi Niam pad artikel islam.nu.or.id “Urgensi Madrasah Diniyah Bagi Nahdatul Ulama†diakses pada 9 Maret 2020 Anggito, Albi. Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif Sukabumi : CV Jejak
Sugiyono. 2016. “Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: CV ALFABETA
R. Muhammad Mauludi Boerdah, 2019. “Pengelolaan program gerakan maghrib mengaji di Masjid Baitul Ma’mur Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung Dalam Meningkatkan kemampuan Hafalan Santriâ€. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Bandung
Riyuzen, Strategi Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam, Jurnal Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8 No. 11, 2017 hlm 146 dan 161
Rusdi. 2018. “Continues Improvement Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pedesaanâ€. Jurnal Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol. 02 No 2.
Rohmah Rizki Zakiyah Nur, Tsaury Adang M., Aziz Helmi. Hubungan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Al-Hidayah Ibun. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 7-14
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.29028