Implikasi Pendidikan Akhlak dari Q.S. Al-Israa Ayat 23 tentang Berbakti Kepada Orang Tua terhadap Etika Berkomunikasi dalam Keluarga
Abstract
Abstract. Islam has already set obligations that children should do to their parents. For instance, devotion to their parent, one form of devotion to parent is always speaking politely to their parent. This research uses a descriptive method with the qualitative approach. Whereas for data collecting technique is literature study. The educational implications of this research are (1) parents give their children tauhid education, (2) parents give moral education to their children, (3) the importance of communication ethics education in the family for children, (4) how parent give communication ethics education in the family for children.
Keywords: Morals Educationand Communication Ethics in the Family.Â
Abstrak. Islam telah menetapkan kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang anak kepada kedua orang tuanya, diantaranya adalah berbakti kepada keduanya, dimana salah satu wujud dari berbakti kepada kedua orang tua adalah senantiasa berkata dengan perkataan-perkataan yang mulia terhadap keduanya. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data studi kepustakaan. Implikasi pendidikan dari penelitian ini adalah (1) orang tua hendaknya memberikan pendidikan tauhid kepada anak, (2) orang tua hendaknya memberikan pendidikan akhlak kepada anak, (3) pentingnya pendidikan etika berkomunikasi dalam keluarga bagi anak, (4) cara orang tua mendidik etika berkomunikasi dalam keluarga kepada anak.
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak dan Etika Berkomunikasi dalam Keluarga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Qurthubi, S. I. terj. (2008). Tafsir Al-Qurthubi Jilid 10. Jakarta: Pustaka Azzam.
A.S, E., & Dulwahab, E. (2018). Komunikasi Keluarga Perspektif Islam. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Bafadhol, I. (2017). Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Jurnal Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 6, No, 12.
Hefni, H. (2017). Komunikasi Islam. Jakarta: Kencana.
Katsir, I. terj. (2003). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 5. Bogor: Pustaka Imam Syafi'i.
Kriyantono, R. (2019). Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi (Filsafat dan Etika Ilmunya, serta Perspektf Islam). Jakarta: Kencana.
Lubis, R. F. (2019). Menanamkan Aqidah dan Tauhid Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Al-Abyadh, Vol. 2, No. 2.
Maharani, D. (2018). Pendidikan Anak Perspektif Psikologi dan Pendidikan Islam. IQ (Ilmu Al-Qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 1.
Nashihin, H. (2017). Pendidikan Akhlak Kontekstual. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Rizal, S. (2018). Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1.
Setiawan, H. R. (2019). Pendidikan Tauhid dalam Al-Qur'an. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam dan Masyarakat, Vol. 30, No. 2.
Syafiqurrohman, M. (2020). Implementasi Pendidikan Akhlak Integratif-Inklusif. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, Vol. 12, No. 1.
Suryadarma, Y., & Haq, A. H. (2015). Pendidikan Akhlak Menurut Imam Al-Ghazali. Jurnal At-Ta'dib, Vol. 10, No. 2.
Watuliu, J. (2015). Peranan Komunikasi Keluarga dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMU di Desa Warukapas Kecamatan Dimembe Kabupaten Minahasa Utara. Acta Diurna, Vol. 4, No. 4.
Zaman, B. (2018) Pendidikan Akhlak Pada Jalanan di Surakarta. Jurnal Inspirasi Vol. 2, No. 2.
Nugraha Cahya Agung, Asikin Ikin, Suhardini Asep Dudi. (2021). Etika Komunikasi Siswa kepada Guru dalam Perspektif Aktivitas Kelompok Remaja Islam di SMA PGII 2 Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 27-35.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.28816