Implementasi Metode Talaqqi terhadap Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an di Madrasah Aliyah Al-Qur’an Al-Amanah

Lulu Nurul Firdaus, Fitroh Hayati, Mujahid Rasyid

Abstract


Abstract. Al-Qur'an is the holy book of Moslem. There are lots of eminence for those who recitate it. Talaqqi method becomes one of the most appropriate method to recitate Al-Qur'an. The purpose of this research is to determine outcomes and factors that encourage the implementation of Talaqqi method for Tahfizh Al-Qur'an Learning. The research was located in Al-Amanah Full Day High School, focused on Akhwat Learning Division. The research approach is quantitative descriptive. Research data source is primary and secondary data, and the technique of collecting data are using observation, interview, and quesionnaire. The following of analysis data techniques are validity test, reability test, Likert scale that counted using Acceptable Response Rate (ARR). The result showed that Talaqqi Method Implementation are in a good category for the learning process. Overall, total estimation score was 3044, with mean score 4,0, and average score of ARR 80,1%, and it has been categorized in a good level.

Keyword: Tahfzh Al-Qur'an Learning, Talaqqi Method

Abstrak. Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam, terdapat banyak sekali keutamaan terutama bagi yang menghafalkannya. Metode talaqqi adalah salah satu metode yang paling tepat terutama dalam menghafal Al-Qur’an.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketercapaian serta faktor-faktor apa saja yang mendukung  Implementasi Metode Talaqqi terhadap Pembelajaran Tahfizh Al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan di salah satu Madrasah Aliyah khususnya di bagian akhwat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Sumber data berasal dari data primer dan sekunder kemudian teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner/angket. Teknik analisis data yaitu uji validitas, reabilitas, skala likert dan kemudian dihitung menggunakan rumus tingkat capaian responden (TCR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode talaqqi terhadap pembelajaran tahfizh Al-Qur’an memiliki kategori yang baik dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan secara keseluruhan maka jumlah skor adalah 3044, dengan mean 4,0, dan rata-rata TCR 80,1% yang jika dikategorikan maka kategori tersebut adalah baik.

Kata kunci: Pembelajaran tahfizh Al-Qur’an, metode talaqqi


Keywords


Pembelajaran tahfizh Al-Qur’an, metode talaqqi

Full Text:

PDF

References


at-Thantawi, M. Q. (2011). Petunjuk Praktis Menghafal Al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Daarun Nida'.

Imana, Y. (2009). Sudah Baik Dan Benarkah Bacaan Al-Qur'anku? Panduan Tahsin/Tajwid Sistematis Metode Asyarah. Bandung: Khasanah Intelektual.

Muhammad Afandi, d. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press , 16.

Sasongko, A. (2020). Sebaran Rumah Tahfizh di Indonesia Meluas. Jakarta: Republika.com.

Yayan, M. H. (2015). Quantum Tahfizh Metode Cepat dan Mudah Menghafal Al-Qur'an. Palembang: Penerbit Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v6i2.24267