Pengelolaan Program Gerakan Maghrib Mengaji Di Masjid Baitul Ma’mur Kecamatan Bandung Kidul dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Santri
Abstract
Abstract. Qur’an Maghrib Movement is a program issued by the central government and local government. This program focuses more on children and adolescents, where children and adolescents in urban areas can use Maghrib time by studying, not with non-essential activities and getting religious education. Use Qualitative approaches and analytic descriptive research methods. Data collection techniques used in the form of interview techniques, observation techniques, and documentation techniques. Data analysis begins with data reduction at the beginning, presentation of data and improve conclusions. The results of research on the management of this program focus on planning, implementation, assessment, inhibiting and supporting factors as well as efforts to overcome the inhibiting factors in the Baitul Ma'mur mosque, Bandung Kidul Subdistrict. So finding the conclusion that the study program of the Maghrib study covers the process of program management and has obstacles in its management.
Keywords: Management, Program, Maghrib Recitin
Abstrak. Gerakan Maghrib Mengaji merupakan suatu program yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah program ini lebih memfokuskan kepada anak anak dan remaja, dimana anak anak dan remaja di perkotaan bisa menggunakan waktu maghrib dengan mengaji bukan dengan kegiatan yang tidak penting dan mendapatkan pendidikan agama yang cukup. pendekatan kualitatif dan metode penelitian deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Analisis data diawalai dengan reduksi data diawal, penyajian data dan peraikan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai pengelolaan program ini memfokuskan kepada perencanaan, pelaksanaan, penilain, faktor penghambat dan pendukung serta upaya menanggulangi faktor penghambat di masjid Baitul Ma’mur Kecamatan Bandung kidul. Sehingga mendapati kesimpulan bahwa program gerakan maghrib mengaji ini meliputi proses dari pengelolaan program dan memiliki hambatan dalam pengelolaanya.
Kata kunci : Pengelolaan, Program, Maghrib Mengaji.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afiffudin. (2013). Dasar- Dasar Manajemen. CV Alfabeta. Bandung.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, (2003). undang-Undang Pendidikan No. 20 Tahun 2003 Tentang Sintem Pendidikan Nasional. Depdikbud Republik Indonesia.
Noor, Juliansyah (2013). Penelitian Ilmu Manajemen. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.
Rahminawati, Nan. (2016). Manajemen Pendidikan. Diktat Kuliah Universitas Islam Bandung. Bandung.
Ranupandoj dkk. (2009). Manajemen Personalia. BPFE. Yogyakarta.
Sa’adullah. (2011). 9 Cara Cepat Menghafal Alquran. Gema Insani. Jakarta.
Sudjana, Nana. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar . Sinar Baru Algensido Offset, Bandung.
Sudjana, Nana.(2010). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sukirman Hartati, dkk. (2009). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. UNY Press. Yogyakarta
Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Rineka Cipta. Jakarta.
Syam, Nur. (2013). Jam Mapel Pendidikan Agama di Tambah . https://www.jpnn.com/news/jam-mapel-pendidikan-agama-ditambah (diakses 23 Juli 2019).
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18403