Implikasi Pendidikan dari QS At-Taghaabun Ayat 14 Tentang Perilaku Suami dalam Berinteraksi dengan Istri dan Anak terhadap Peran Suami dalam Keluarga

Ade Aripin, Aep Saepudin, Khambali Khambali

Abstract


Abstract. The role of the husband's position is crucial to realize a family that has sakinah, mawadah, and warahmah. The husband’s role in the family must be carried out appropriately because it is the responsibility as a leader in the household. The husband that does not carry out the role or function in the family, it makes disharmony. This statement refers to QS At-Taghaabun verse 14. The aim of this study is to determine educational implications of QS At-Taghaabun verse 14 about husband’s behavior in interacting with wife and child towards the husbands’ role in the family as follows: (1) To find out the Mufassir's opinion about QS At-Taghaabun verse 14, (2). The essence of QS At-Taghaabun verse 14, (3). Opinions of experts about the husbands’ role in the family, (4). Educational implications of QS At-Taghaabun verse 14 about the husband’s behavior in interacting with wife and children towards the role of the husband. The research used Descriptive method, besides the technique used Literature Study is by reading, understanding, analyzing and compiling from various books and holy books that relate to the problem. The results found in QS At-Taghaabun verse 14 are: (1). A husband must be prioritized obedience to God than love for his wife and children from neglect, (2). A husband is required to have good morals towards his wife and children even if they make mistakes, (3). A husband is obliged to appreciate and respect any efforts of his wife and children to be better. The educational implications of Surah At-Taghaabun verse 14 are: (1). A husband can lead his wife and children in obedience to Allah SWT, (2). A husband must learn to have good morals in his family, (3). His wife and child deserve to get good treatments from her husband, (4). Spending the time to make a council at home, (5). Providing education to children, creating good relationships with children at home and then to optimize coaching to become a quality human being.

Keywords: QS At-Taghaabun 14, Husband’s Behavior in Interaction, the Husbands’ Role in the Family.

Abstrak. Peranan suami berkedudukan sangat penting dalam mewujudkan keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah. peranan suami didalam keluarga harus dilaksanakan dengan sesuai karena merupakan tanggung jawab sebagai pemimpin dalam rumah tangga. Akibat dari ketidakharmonisan di dalam rumah tangga dikarenakan tidak menjalankanya peran atau fungsi di dalam keluarga sebagai seorang suami. Diantara ayat yang sesuai dengan pernyataan tersebut adalah QS At-Taghaabun ayat 14. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implikasi pendidikan dari QS At-Taghaabun ayat 14 tentang perilaku suami dalam berinteraksi dengan istri dan anak terhadap peran suami dalam keluarga dengan sebagai berikut: (1). Mengetahui pendapat para Mufassir tentang QS At-Taghaabun ayat 14, (2). Esensi QS At-Taghaabun ayat 14, (3). Pendapat para ahli tentang peranan suami dalam keluarga, (4). Implikasi pendidikan QS At-Taghaabun ayat 14 tentang perilaku suami dalam berinteraksi dengan istri dan anak terhadap peranan suami dalam keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif, sedangkan teknik yang digunakan dalam adalah tehnik Studi Literatur yaitu dengan cara membaca, memahami, menganalisis dan menyusun dari berbagai buku dan kitab yang memiliki keterkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti. Hasil yang terdapat dalam QS At-Taghaabun ayat 14 adalah: (1). Seorang suami harus memprioritaskan ketaatan terhadap Allah dibandingkan kecintaan kepada istri dan anak dari kelalaian, (2). Seorang suami wajib memiliki akhlak baik terhadap istri dan anak walaupun mereka melakukan kesalahan, (3). Seorang suami wajib menghargai dan menghormati setiap usaha istri dan anak dalam memperbaiki diri mereka. Implikasi pendidikan dari QS At-Taghaabun ayat 14 adalah: (1). Seorang suami dapat membimbing istri dan anak dalam ketaatan kepada Allah SWT, (2). Seorang suami harus belajar memiliki akhlak baik di dalam keluarganya, (3). Istri dan anak berhak mendapatkan perlakuan yang baik dari suaminya, (4). Mengkhususkan waktu tertentu untuk menyelenggarakan majlis ilmu di dalam rumah, (5). Memberikan pendidikan kepada anak, ,menciptakan pergaulan yang baik pada anak di dalam rumah guna mengoptimalkan pembinaan agar menjadi manusia yang berkualitas.

Kata Kunci: QS At-Taghaabun 14, perilaku suami dalam berinteraksi, peranan suami dalam keluarga


Keywords


QS At-Taghaabun 14, perilaku suami dalam berinteraksi, peranan suami dalam keluarga

Full Text:

PDF

References


Arifin, Gus. (2013). Menikah untuk bahagia fiqih nikah dan kamasutra Islam. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Pola komunikasi orang tua & anak dalam keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Husain Syahatah. (2005). Tanggung jawab Suami dalam Rumah Tngga: Antara Kewajiban dan Realitas.Jakarta: AMZAH Cet. Ke-1

Nata,Abudin. (2002). Akhlak Tasawuf. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sadulloh, Uyoh. (2011). Pedagogik ( ilmu pendidikan). Bandung: Alfa Beta

Yazid Bin Abdul Qadir Jawas. (2011). Panduan Keluarga Sakinah. Jakarta: Pustaka Imam As-Syafii

www.metro.sindonews.com diakses pada 22/03/2019




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18202