Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning dengan Metode Tikrar Di Pondok Pesantren Yayasan Pendidikan Islam Annur Malangbong
Abstract
Abstract. Islamic boarding schools have a very important role in developing and delivering religious knowledge.The yellow book is a classic book written by the previous scholars using Arabic, with a characteristic inherent in the yellow book, which is a yellow paper with Arabic writing without bald Arabic. In the process of the yellow book learning activities in PP YPI Annur Malangbong used the tikrar method as one of the main methods to study the yellow book. The purpose of this study was to find out: (1) how the yellow book learning planning with the tikrar method, (2) how the implementation of yellow book learning with the tikrar method, (3) how to evaluate Yellow Book learning with the tikrar method, (4) the supporting factors and the factors that inhibit the rats method in learning yellow books. This study used a descriptive method with a qualitative approach to examine yellow book learning planning with the tikrar method, the implementation of yellow book learning with the tikrar method, evaluation of yellow book learning, and knowing the inhibiting factors and supporting factors of the rats method. Data collection techniques are carried out by interview, observation, and documentation study. The conclusions of this study are that the planning of learning carried out by Islamic boarding schools is neatly arranged so that it can produce good and effective learning, evaluations are carried out on santri to determine the extent of their ability to understand the yellow book, and the method of matrar is one method that is suitable for learning yellow book.
Keywords: Implementation, Yellow Book Learning, Tikrar method
Abstrak. Pondok pesantren memiliki peranan penting dalam menyampaikan ilmu pengetahuan agama. Kitab kuning merupakan kitab klasik yang ditulis oleh para ulama terdahulu menggunakan bahasa arab, ciri khas kitab kuning yaitu kertas kitab yang berwarna kuning dengan tulisan bahasa arab tanpa harkat. Dalam proses kegiatan pembelajaran kitab kuning di PP YPI Annur Malangbong menggunakan metode tikrar sebagai salah satu metode pokok untuk mempelajari kitab kuning. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran kitab kuning dengan metode tikrar, (2) pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan metode tikrar, (3) evaluasi pembelajaran kitab kuning dengan metode tikrar, (4) faktor pendukung dan faktor penghambat metode tikrar dalam pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk meneliti perencanaan pembelajaran kitab kuning dengan metode tikrar, pelaksanaan pembelajaran kitab kuning dengan metode tikrar, evaluasi pembelajaran kitab kuning, serta mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung metode tikrar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Simpulan dari penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran tersusun rapi sehingga dapat menghasilkan pelaksanaan pembelajaran dengan efektif, evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan membaca kitab kuning, dan metode tikrar cocok digunakan dalam pembelajaran kitab kuning.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Kitab Kuning, Metode Tikrar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adisasmita, Raharjo. 2011. Manajemen Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu
Arief S. Sadiman. dkk, 1996. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada
Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Gagne dan Brigs. 1979. Pengertian Pembelajaran. Diakses dari halaman web pada tanggal 8 Juli 2019 dari http:/www.scribd.com/doc/50015294/13-Bpengertian-pembelajaran-menurut-beberapa-ahli.
Indiahono, Dwiyanto. 2009. Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analisys. Yogyakarta: Gava Media
Kompri. (2014). Manajemen Sekolah Teori dan Praktek . Bandung : Alfabetha.
Rahminawati, Nan. (2016). Manajemen Pendidikan. Bandung: Diktat Mata Kuliah Manajemen Pendidikan Sekolah Universitas Islam Bandung
Wahid. Abdurrahman. 1999. Pesantren Masa Depan. Bandung: Pustaka Hidayah
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16868