Analisis Manajemen Terhadap Program Leadership dan Entrepreneurship dalam Pembentukkan Karakter Siswa di SD Sekolah Alam Bandung

Fitria Nurul Fazriah, Nan Rahminawati, Asep Dudi S

Abstract


Abstract: Education is a major factor in shaping the human personality, because education not only builds humans from the cognitive side but also the other more fundamental side, one of which is character education. However, seeing the phenomenon that occurs at this time, many cases occur in education such as bullying, promiscuity and some of them. Therefore, character education really needs to be considered, how is management carried out in character education, as School Alam Bandung strives to create leadership programs and entrepreneurship in realizing character education in schools. The purpose of this study is to obtain documents and data on leadership and entrepreneurship programs which include planning, implementation and assessment. The method used is descriptive analytical method using a qualitative approach. The results of the study indicate that; 1) leadership program planning and entrepreneurship is to provide outbound teams as a special team in the leadrship program, while in entrepreneurship programs are in the care of homeroom teachers. 2) the implementation of the leadership program is held once a week, where students in grades 1-6 are divided into 3 clusters, the implementation of entrepreneurship programs is held depending on class policies, these activities include independent and group activities. 3) the assessment carried out in the leadership and entrepreneurship program is to use observation and observation, where the assessment format includes being independent, developing, and not yet visible. Keywords: Management, Character Formation, Leadership, Entrepreneurship  

Abstrak. Pendidikan merupakan faktor utama dalam membentuk pribadi manusia, karena pendidikan tidak hanya membangun manusia dari sisi kognitifnya saja tetapi juga sisi lain yang lebih fundamental, salah satunya adalah pendidikan karakter. Namun, melihat fenomena yang terjadi pada saat ini, banyak kasus yang terjadi dalam pendidikan seperti bullying, pergaulan bebas dan sebagianya. Maka dari itu, pendidikan karakter sangat perlu diperhatikan, bagaimana manajemen yang dilakukan dalam pendidikan karakter, sebagaiamana Sekolah Alam Bandung berupaya membuat program leadership dan entrepreneurship dalam mewujudkan pendidikan karakter disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mendapatkan dokumen dan data mengenai program leadership dan entrepreneurship yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan program leadership dan entrepreneurship adalah dengan menyediakan tim outbond sebagai tim khusus dalam program leadrship, sedangkan dalam program entrepreneurship berada di dalam penanganan wali kelas. 2) pelaksanaan program leadership diadakan setiap seminggu sekali , dimana siswa kelas 1- 6 di bagi menjadi 3 cluster, pelaksanaan program entrepreneurship diadakan tergantung kebijakan kelas, kegiatan ini meliputi kegiatan mandiri dan kelompok. 3) penilaian yang dilakukan dalam program leadership dan entrepreneurship adalah dengan menggunakan observasi dan pengamatan, dimana format penilaiannya meliputi mandiri, berkembang, dan belum nampak.

Kata Kunci: Manajemen, Pembentukan Karakter, Leadership, Entrepreneurship


Keywords


Manajemen, Pembentukan Karakter, Leadership, Entrepreneurship

Full Text:

PDF

References


Hisbanarto, Y. D. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Iin Sri Warnasari, N. R. (2017). Analisiss Pengelolaan Program Pembinaan Keagamaan Terhadap Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 194-199.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Saepudin, P. B. (2013). Teori Dan Praktek Pendidikan Karakter Dan Kewirausahaan. Bandung: Cv. Myghni Sejahtera.

Sudrajat, A. (2011, Juni 29). Konsep Kewirausahaan dan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah.

Susanta. A. 2010. Outbond Profesional. Yogyakarta: Andi Offset

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya

Syamsuddin. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan . Jurnal Idaarah, 60-72.

Rahminawati, Nan. 2016. Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Bandung: Unisba

Rahminawati, N. H. (2006). Kemampuan Manajerial Pengurus Organisasidalam Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi Islam Perempuan Di Jawa Bara. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 143-163.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karaker : Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15057