Analisis Manajemen Terhadap Program Leadership dan Entrepreneurship dalam Pembentukkan Karakter Siswa di SD Sekolah Alam Bandung
Abstract
Abstrak. Pendidikan merupakan faktor utama dalam membentuk pribadi manusia, karena pendidikan tidak hanya membangun manusia dari sisi kognitifnya saja tetapi juga sisi lain yang lebih fundamental, salah satunya adalah pendidikan karakter. Namun, melihat fenomena yang terjadi pada saat ini, banyak kasus yang terjadi dalam pendidikan seperti bullying, pergaulan bebas dan sebagianya. Maka dari itu, pendidikan karakter sangat perlu diperhatikan, bagaimana manajemen yang dilakukan dalam pendidikan karakter, sebagaiamana Sekolah Alam Bandung berupaya membuat program leadership dan entrepreneurship dalam mewujudkan pendidikan karakter disekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan dokumen dan data mengenai program leadership dan entrepreneurship yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) perencanaan program leadership dan entrepreneurship adalah dengan menyediakan tim outbond sebagai tim khusus dalam program leadrship, sedangkan dalam program entrepreneurship berada di dalam penanganan wali kelas. 2) pelaksanaan program leadership diadakan setiap seminggu sekali , dimana siswa kelas 1- 6 di bagi menjadi 3 cluster, pelaksanaan program entrepreneurship diadakan tergantung kebijakan kelas, kegiatan ini meliputi kegiatan mandiri dan kelompok. 3) penilaian yang dilakukan dalam program leadership dan entrepreneurship adalah dengan menggunakan observasi dan pengamatan, dimana format penilaiannya meliputi mandiri, berkembang, dan belum nampak.
Kata Kunci: Manajemen, Pembentukan Karakter, Leadership, Entrepreneurship
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hisbanarto, Y. D. (2014). Sistem Informasi Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Iin Sri Warnasari, N. R. (2017). Analisiss Pengelolaan Program Pembinaan Keagamaan Terhadap Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 194-199.
Kementrian Pendidikan Nasional. 2011. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Saepudin, P. B. (2013). Teori Dan Praktek Pendidikan Karakter Dan Kewirausahaan. Bandung: Cv. Myghni Sejahtera.
Sudrajat, A. (2011, Juni 29). Konsep Kewirausahaan dan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah.
Susanta. A. 2010. Outbond Profesional. Yogyakarta: Andi Offset
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya
Syamsuddin. (2017). Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan . Jurnal Idaarah, 60-72.
Rahminawati, Nan. 2016. Bahan Ajar Manajemen Pendidikan. Bandung: Unisba
Rahminawati, N. H. (2006). Kemampuan Manajerial Pengurus Organisasidalam Upaya Meningkatkan Kinerja Organisasi Islam Perempuan Di Jawa Bara. Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 143-163.
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karaker : Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.15057