Pencapaian Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam

Eriska Berliana, Agus Halimi, Adang Muhamad Tsaury

Abstract


Abstract. A teacher is a key for the success of the students who should be incapable of creating learning that is easy to understand and attractive for the students. Nevertheless, the fact found in the field showed that the teacher was still judged to be weak and was far from attaining the determined qualification.This becomes researcher’s interest to know further about the plan, implementation, and evaluation of the result of the pedagogic competitions of PAI teacher of SMP PGII 1 Bandung, as a superior school in religion field that makes students have noble akhlak, to be superior, and to have achievement. The data collection was from observation, interview, and documentation. The data analyse was run with data reduction, data presentation, and was verified.The result of the research showed: (a) The planning of pedagogic competition was started from designing the learning, understanding the students, designing the valuation and evaluation. (b) The evaluation of the result of implementing the pedagogic competitions regarding from the result of the students’ learning whether in cognitive side, affective, or psychomotor. From the result of the research above, researcher inspected, observed, and interviewed to get the definitive result. So far, about the working of the pedagogic competitions starting from implementation, and evaluation have showed the correspondence between theory and the field result.

 

Keywords: Competition, PAI Teacher, Student’s learning result.

 

Abstrak. Guru sebagai kunci kesuksesan setiap peserta didik yang mestinya mampu menciptakan pembelajaran yang mudah difahami dan menarik bagi peserta didik. Namun, fakta yang ditemukan di lapangan bahwa kompetensi guru dinilai masih rendah dan jauh dari mencapai batas yang ditentukan. Hal ini menjadi ketertarikan peneliti untuk mengetahui lebih jauh mengenai pelaksanaan, dan evaluasi hasil dari kompetensi pedagogik guru PAI khususnya di SMP PGII 1 Bandung sebagai sekolah yang unggul dalam bidang keagamaan dan membawa peserta didik untuk berakhlak mulia, unggul, dan berprestasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara, dokumentasi. Analis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan diverivikasi. Hasil penelitian menunjukkan: (a) Pelaksanaan kompetensi pedagogik mulai dari merancang pembelajaran, memahami peserta didik, merancang penilaian dan evaluasi. (b) Evaluasi hasil pelaksanaan kompetensi pedagogik melihat dari hasil belajar peserta didik baik dalam segi kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dari hasil penelitian diatas, peneliti mengamati, mengobservasi, dan mewawancarai untuk mendapat hasil yang pasti, sejauh ini mengenai keberjalanan kompetensi pedagogik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi sudah menunjukkan kesesuaian antar teori dan hasil di lapangan.

 

Kata Kunci: Kompetensi, Guru PAI, Hasil Belajar Peserta Didik.

Keywords


Kompetensi, Guru PAI, Hasil Belajar Peserta Didik.

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Bahri Syaiful. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siregar, E. Dan Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sulhan, Najib. (2016). Guru yang Berhati Guru. Jakarta: Zikrul Hakim.

Abdillah, Taufiq Hilman. (2015). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru PAI Terhadap Evaluasi Pembelajaran PAI di SMA. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Vol. 24, No. 2.

Amuk, Wahyu. (2017). Kompetensi Guru Dinilai Masih Rendah. Metro Andalas.

(8 November 2017).

Yunus, Syarifudin. (2017). Mengkritisi Kompetensi Guru. Detiknews. (24 November 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14686