STRATEGI PROGRAM ACARA “DIALOG PEMILU†PADA RADIO REPUBLIK INDONESIA PROGRAM I BANDUNG

ola kurnia, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Strategi program dialog politik di radio merupakan bentuk kampanye untuk memberikan pemahaman tentang suatu masalah kepada masyarakat. Bentuk dialog politik menghasilkan komunikasi dua arah yang tepat untuk menjaring aspirasi masyarakat sehingga lebih mudah dipahami oleh pembuat kebijakan publik. Dialog pemilu seringkali menyangkut soal pengarahan, kekuatan, dan penggerakan ke arah tujuan yang diperkenankan secara sosial. Dialog pemilu merupakan salah satu metode komunikasi persuasi, karena membahas mengenai upaya mempengaruhi massa, baik dalam tingkah laku maupun dalam bentuk opini. Tujuan penelitian untuk mengetahui perencanaan program, produksi dan pembelian program, eksekusi program, serta pengawasan dan evaluasi program yang dilakukan RRI Pro1 Bandung pada program acara dialog pemilu, dan pengawasan dan evaluasi program yang dilakukan RRI Pro1 Bandung pada program acara dialog pemilu. Metode dalam penelitian ini, penulis memakai metode deskriptif yang merepresentasikan strategi program acara dialog pemilu pada radio Republik Indonesia (RRI) program I Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara sebagai data primer dalam pelaksanaannya dengan mengadakan tanya-jawab terhadap empat narasumber dari pihak RRI Pro 1 Bandung, dan observasi serta studi kepustakaan sebagai data sekunder.  Kesimpulan dari penelitian ini dilihat dari Perencanaan program yang dilakukan RRI Pro1 Bandung pada program acara dialog pemilu yaitu setiap perencanaan harus dikemas secara detail dan jelas, hal tersebut dikarenakan agar tidak miss komunikasi antara pertanyaan dan jawaban narasumber.Produksi dan pembelian program yang dilakukan RRI Pro1 Bandung pada program acara dialog pemilu yaitu dalam hal mekanisme produksi dan pembelian program acara dialog pemilu di RRI Pro1 Bandung. Eksekusi program yang dilakukan RRI Pro1 Bandung pada program acara dialog pemilu yaitu pihak RRI tidak begitu mudah untuk mengeksekusi program tersebut karena program tersebut banyak melibatkan baik secara internal maupun secara eksternal.Pengawasan dan evaluasi program yang dilakukan RRI Pro1 Bandung pada program acara dialog pemilu untuk menciptakan peningkatan kualitas.


Keywords


Perencanaan, Produksi dan pembelian, Eksekusi program, Pengawasan dan evaluasi

References


Ardianto, Elvinaro dan Bambang Q-Anees. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Effendy, Onong Uchjana.2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja. Rosdakarya.

Hartley, John. 2005. Communication Cultural & Media Studies, Yogyakarta: Jalasutra.

Kasali, Rhenald. 2008. Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Moleong, Lexy J. Prof. DR. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morissan. 2009. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana Prenanda Media Group.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. PT Remaja

Rosdakarya, Bandung

Wahyudi, J.2009. “Dasar-dasar Jurnalistik Radio dan Televisiâ€. Jakarta: PT. PustakaUtama Grafiti

Wardhani, Andy Corry. 2008. “Kampanye Pemilu Dialogis untuk Pemilu 2009â€. dalam Jurnal Mediator. Fikom Unisba. Volume 9, Nomor 2, Desember 2008 (hal. 293-300)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.962

Flag Counter   Â