PERENCANAAN KOMUNIKASI SINGLE ALBUM “TEMAN HIDUP†TULUS

Naya Mochamad Havilliant, Anne Maryani

Abstract


Tulus sebagai artis indie label yang sedang hits di belantika musik Indonesia. Melalui single album “Teman Hidup†dapat mengalahkan artis-artis major label. Tulus yang sekarang menjadi trending topic di Indonesia membuat penulis tertarik untuk meneliti perencanaan komunikasi yang dibuat oleh manajer Tulus dalam meluncurkan single album “Teman Hidupâ€, yang dapat mengalahkan artis-artis major label. Artis indie label bergerak individual dan mempunyai idealisme dalam musiknya sehingga cukup sulit untuk membuat masyarakat Indonesia dapat mengetahui dan menyukai artis indie label, sedangkan major label mempunyai sarana promosi yang lebih baik dan menuntun artisnya lebih masuk kepada pasar musik masyarakat Indonesia.

Tujuan penelitian untuk mengetahui identifikasi target audience, penentuan tujuan yang diinginkan, serta perencanaan pesan oleh manajemen artis dalam meluncurkan single Album “Teman Hidup†2014. Metode penelitian deskriptif dengan perspektif kualitatif yaitu melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu secara faktual. Kesimpulan penelitian ini dilihat dari Identifikasi target melalui strategi world to mouth (mulut ke mulut), target melalui media seperti barter promo dengan radio lokal, penggunaan media internet dan majalah. Penentuan tujuan manajemen dalam meluncurkan single Album “Teman Hidup†yaitu membuat iklan bertujuan untuk membangun jaringan dengan media elektronik dan media cetak, serta membangun jaringan dengan para musisi Nasional. Perencanaan pesan oleh manajemen dalam peluncuran single Album “Teman Hidup†yaitu dengan menggunakan strategi pesan model stimulus-respons.


Keywords


Perencanaan Komunikasi



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.870

Flag Counter   Â