HUBUNGAN ANTARA TAYANGAN IKLAN KAMPANYE CAPRES DI MEDIA TV DENGAN SIKAP PEMILIH PEMULA

Annisa Rakhmanita Sriwijayanti

Abstract


Menjelang Pemilu Presiden saat ini bermacam-macam kampanye yang dilakukan oleh para Calon Presiden (Capres). Salah satunya melakukan kampanye di Media TV.Saat ini banyak iklan kampanye politik yang dilakukan oleh Capres untuk menarik simpatik masyarakat, khususnya pemilih pemula. Dengan adanya iklan politik di media TV tersebut, pemilih pemula dapat melihat cara berkampanye oleh setiap kandidat partai politik, hal tersebut akan menentukan sikap pemilih pemula dalam kemenangan pemilu Presiden. Pada penelitian ini diteliti “Apakah terdapat Hubungan antara Iklan Kampanye Capres di Media TV dengan Sikap Pemilih Pemulaâ€.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan antara Tayangan Iklan Kampanye Capres di Media TV dengan Sikap Pemilih Pemula.Penelitian ini menggunakan metode korelasional.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 25 Bandung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 95 siswa yang memenuhi kriteria usia 17-18 tahun sebagai Pemilih Pemula.Sedangkan teknik pengambilan data penelitian dilakukan melalui Kuesioner (Penyebaran Angket), wawancara dan Studi Kepustakaan.Hasil dari pembahasan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif  antara intensitas dan isi pesan dalam tayangan iklan kampanye Capres WIN-HT versi “Jayalah Negeriku†di RCTI dengan Sikap Pemilih Pemula di SMAN 25 Bandung.

Kata Kunci:    Komunikasi Massa, Media Massa, Televisi, Iklan Kampanye   Capres, Perubahan Sikap




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.82

Flag Counter   Â