Kajian Hubungan antara Kualitas Pelayanan Yellow Truck Coffee dengan Kepuasan Konsumen
Abstract
Coffee is a beverage that must be presented in the morning as complementary breakfast, especially for adults. Along with the times, where coffee tops the list for everyone. At this point, modern coffee shop finally born a coffee shop with different types of coffee offered must have advantages as well as differences in taste, menu variety, as well as the way they are presented. Apart from that vantage point, low prices, and good service helped selling the sweetness of a coffee shop. Many expectations of the owners of the coffee shop, the most primary is that many consumers and the good name of the company is also highly coveted by the owners of the coffee shop. Every coffee shop owners also want every employee to provide maximum service to its customers. Consumers, too, they are expecting a very good service from the coffee shop they visit. One coffee shop in Bandung this latter is the latest rage Yellow Truck Coffee. The increasing popularity of Yellow Truck Coffee is certainly influenced by the presence of widespread information, from one corner to the other corner. The coffee shop is always crowded in the visit, coupled with a superior blend of coffee, the more make customers want to come back and buy their products, because of course the coffee shop is a coffee shop searched affordable by students and young people. In this research study on "Is there a Relationship Between Service Quality Yellow Truck Coffee with Consumer Satisfaction?". The purpose of this study was to see whether there is a Relationship Between Service Quality Yellow Truck Coffee with Consumer Satisfaction. Correlational method used in this study, the population in this study is that consumers who've been to Yellow Truck Coffee with a sample of 95 respondents. While research data retrieval technique is done through questionnaires, interviews, and literature. The results of the discussion in this study is there Relationship Between Service Quality Coffee with a yellow Truck Customer Satisfaction.
Â
Kopi merupakan minuman yang wajib disajikan di pagi hari sebagai pelengkap sarapan pagi, khususnya bagi para orang dewasa. Seiring dengan perkembangan zaman, keberadaan kopi menempati urutan teratas bagi semua orang. Di titik inilah kedai kopi modern akhirnya lahir  sebuah coffee shop dengan jenis kopi yang ditawarkan harus mempunyai kelebihan serta perbedaan pada rasa, ragam menu, serta cara penyajiannya. Selain dari itu tempat yang strategis, harga yang murah, serta pelayanan yang bagus turut membantu laris manisnya suatu kedai kopi. Banyak harapan dari para pemilik coffee shop, yang paling primer adalah konsumen yang banyak dan nama baik perusahaan juga sangat didambakan oleh para pemilik coffee shop. Setiap para pemilik coffee shop juga menginginkan setiap karyawannya memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggannya. Konsumen pun demikian, mereka sangat mengharapkan pelayanan yang sangat baik dari coffee shop yang mereka kunjungi. Salah satu kedai kopi di Bandung yang belakangan ini tengah digemari adalah Yellow Truck Coffee. Meningkatnya popularitas Yellow Truck Coffee tentunya dipengaruhi oleh adanya informasi yang menyebarluas, dari satu penjuru ke penjuru lainnya. Coffee shop ini selalu ramai di kunjungi, ditambah lagi dengan racikan kopi yang unggul, semakin membuat pelanggannya ingin datang dan membeli produknya kembali, karena tentunya coffee shop yang banyak dicari adalah coffee shop yang terjangkau oleh kalangan mahasiswa dan anak muda. Pada penelitian ini diteliti mengenai “Apakah terdapat Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Yellow Truck Coffee dengan Kepuasan Konsumen?â€. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Yellow Truck Coffee dengan Kepuasan Konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah berkunjung ke Yellow Truck Coffee dengan sampel sebanyak 95 responden. Sedangkan teknik pengambilan data penelitian ini dilakukan melalui penyebaran angket, wawancara, dan kepustakaan. Hasil dari pembahasan dalam penelitian ini adalah terdapat Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Yellow Truck Coffee dengan Kepuasan Konsumen.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Brata, Atep Adya. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Jakarta : Gramedia.
Gani, Abdul. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Gramedia.
J. Supranto. 2000. Statistik (Teori dan Aplikasi), Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta : Prehallindo.
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1. Jakarta : PT. Indeks.
Kriyantono, Rachmat. 2012. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana.
LeBoeuf, Michael. 1992. Memenangkan dan Memelihara Pelanggan. Jakarta : PT. Pustaka Tangga.
Rakhmat, Jalaluddin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh
Analisis Statistik. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rangkuti, Freddy. 2009. Mengukur Efektivitas Program & Analisis Kasus Menggunakan SPSS. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Sitinjak, Toni. Dkk. 2004. Model Matriks Konsumen untuk Menciptakan Superior Costumer Value. Jakarta : PT. Gramedia Pustakan Utama.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran offset Cetakan Pertama. Yogyakarta : Andi.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi offset.
Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi offset Edisi ke dua.
Umar, Husain. 2003. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. : PT. Gramedia Pusat.
Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : PT. Prenadamedia Group.
Zeithaml dan Bitner. 2003. Service Marketing Integrating Customer Focus Across
the Firm, 3rd edition. Boston : Mc GrowHill/Irwin.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6128
  Â