Internet Marketing Communication Instameet Indonesia

Nia Kurniawati, Zulfebriges .

Abstract


Instameet Indonesia was an instagram account that based on community and contained with Indonesian instagram community. Instameet Indonesia usually posted photo of the instameet program that held by the community. Instameet it self was an activity that encounter the instagramer, the activity it self was gathering, photo hunting, etc. In October 2015 Instameet Indonesia held WWIM 12 Java Connect in Cikapundung Park. In the event there are some other activity like gathering, photo hunting, photo exhibition, talk show, music and photo challenge. Instameet Indonesia become the event maker and promotion media for WWIM 12 Java Connect. The purpose of researches is for knowing the instagram account content of Instameet Indonesia in the promotion event WWIM 12 Java Connect, for knowing the promotion strategy of Instameet Indonesia in WWIM 12 Java Connect, and for knowing the evaluation of Instameet Indonesia WWIM 12 Java Connect on instagram account. This research use qualitative method with a case study approach. Data obtained from direct interview with the founder of Instameet Indonesia, event leader WWIM 12 Java Connect and three of participant of WWIM 12 Java Connect. Beside that, the data obtained from librarian study, observation and internet searching. The result of this research is the online content of instameet Indonesia in the promoting WWIM 12 Java Connect event is by advertisement, sponsorship and photo challenge. The form of promotion is advertising public relations and publicity and personal selling. And evaluation of activity was one thing that absolute must, not only evaluating from social media problem (instagram) but more emphasize to the overall evaluation from implementation process, and the final result from that activity.

 

Instameet Indonesia merupakan akun instagram yang berbasis komunitas sebagai wadah para komunitas instagram se-Indonesia. Instameet Indonesia seringkali mem-posting foto mengenai kegiatan instameet yang dilakukan oleh komunitas. Instameet sendiri merupakan ajang bertemunya para intagramer, tidak lain di dalamnya terdapat kegiatan gathering, photo hunting dll. Pada bulan Oktober 2015 Instameet Indonesia melakukan kegiatan berupa event WWIM 12 Java Connect yang dilaksanakan di taman Cikapundung. Pada event tersebut terdapat beberapa kegiatan lainnya seperti gathering, photo hunting,pameran foto, talk show, musik dan photo challenge. Instameet Indonesia menjadi pelaksanan event sekaligus media promosi event WWIM 12 Java Connect. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui konten online akun instagram Instameet Indonesia dalam mempromosikan event WWIM 12 Java Connect, untuk mengetahui promosi yang dilakukan akun instagram Instameet Indonesia dalam event WWIM 12 Java Connect, dan untuk mengetahui evaluasi yang dilakukan akun instagram Instameet Indonesia dalam event WWIM 12 Java Connect. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan founder Instameet Indonesia, event leader WWIM 12 Java Connect, dan tiga orang pengunjung/peserta event WWIM 12 Java Connect. Selain itu data diperoleh melaui data studi kepustakaan, observasi dan internet searching. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Konten online Instameet Indonesia dalam mempromosikan event WWIM 12 Java Connect yaitu iklan, sponsorship, photo challenge. Bentuk promosi yang dilakukan yaitu advertising, public relations and publicity, dan personal selling. Dan Evaluasi kegiatan merupakan suatu hal yang mutlak, tidak hanya mengevaluasi dari masalah media sosialnya (instagram) tetapi lebih menekankan kepada evaluasi secara keselurhuan dari proses penyelenggaraan kegiatan, dan hasil akhir dari kegiatan tersebut.


Keywords


Promotion Mix, Internet Marketing, Instameet Indonesia

References


Cangara, Hafield. 1998. pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo. Persada.

Hanson, Ward. 2000. Pemasaran Internet. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Maryani Anne, Ahmadi Dadi. 2011. Komunikasi Virtual: Teori dan Praktek. Bandung: Ihsan Press.

Moleong, Lexy J. , 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif, Cetakan kesebelas, Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.6049

Flag Counter   Â