Brand Identity pada Kafe Wiki Koffie

Firna Febrina Ramalanti, Endri Listiani

Abstract


This thesis is titled “Wiki Koffie Café’s Brand Identityâ€. Bandung has a very diverse business, especially in the culinary field. Many cafes compete in showing its brand identity in many ways. One of the most prominent uniqueness of cafes in Bandung is to apply unique concept, one of them is the vintage concept. One of the many cafes that apply vintage concept is Wiki Koffie. It’s exterior and interior concept is all vintage. The purpose of this study is to find out how Wiki Koffie builds their brand identity and the reason Wiki Koffie chose the vintage concept. It’s also to determine to human resources innovations developed by Wiki Koffie to build brand identity. This study use qualitative research method and case study approached. Data were obtained from direct interviews with four people namely Mario as Wiki Koffie’s Head Marketing, Ivy and Ardy as Wiki Koffie’s Captain Waiters, and Sindi as a consumer of Wiki Koffie. In addition, data were also obtained through observation, literature and documentation in the form of photographs.Based on the results of the research conducted, it can be concluded that the way Wiki Koffie builds their brand identity are through the use of purpose-built building, creating logos, determining their primary target, interior and exterior selections, and employee involvement. The reasons Wiki Koffie chose the vintage concept as a hallmark of the café is to introduce and reminding the consumers of earlier times when we return our grandmother’s house. Human Resources involvement which evolved by Koffie Wiki to build brand identity are applied to the employees through their uniform and their greetings to consumers.

 

Skipsi ini berjudul “Brand Identity Kafe Wiki Koffie â€. Usaha pada bidang kuliner di Kota Bandung sangat beragam, salah satu bentuk usaha di bidang kuliner yaitu kafe-kafe yang sangat menjamur. Banyak kafe bersaing dalam menunjukkan identitas mereknya (brand identity) dengan cara yang bermacam-macam. Salah satu hal yang paling menonjol dari keunikan kafe yang ada di Kota Bandung ialah  dengan menerapkan  konsep tempat yang unik salah satunya yaitu konsep vintage. Salah satu kafe yang menerapkan konsep vintage pada kafenya ialah Wiki Koffie dimana pada konsep interior dan eksterior kafenya menggunakan hal-hal yang bertemakan vintage.Tujuan dari penelitian ini ialah untuk untuk mengetahui cara yang dilakukan oleh Kafe Wiki Koffie untuk membangun brand identity, untuk mengetahui alasan Kafe Wiki Koffie memilih konsep vintage sebagai ciri khas kafenya, untuk mengetahui Inovasi SDM (Sumber Daya Manusia) yang dikembangkan oleh Kafe Wiki Koffie untuk membangun brand identity. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang yang didapatkan, diperoleh dari hasil wawancara secara langsung dengan empat orang yakni Mario sebagai Head of Marketing Wiki Koffie, Ivy dan Ardy sebagai Captain Waiters Wiki Koffie, dan Sindi sebagai konsumen Wiki Koffie. Selain itu data juga didapatkan melalui hasil observasi, literatur serta dokumentasi berupa foto. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa cara yang dilakukan Kafe Wiki Koffie untuk membangun brand identity itu melalui pemanfaatan gedung bangunan, pembuatan logo, menentukan target utama, pemilihan interior, dan keterlibatan karyawan. Alasan Kafe Wiki Koffie memilih konsep vintage sebagai ciri khas kafenya yaitu untuk mengenalkan dan mengembalikan konsumen ke jaman dulu saat kita kembali kerumah nenek. Inovasi SDM (Sumber Daya Manusia) yang dikembangkan oleh Kafe Wiki Koffie untuk membangun brand identity pun diterapkan pada karyawannya melalui seragam dan sapaan kepada konsumen.


Keywords


Wiki Koffie, vintage, brand identity

References


Hasan, Ali . 2008. Marketing. Yogyakarta : Media Pressindo

Kartajaya. 2010. Brand Operation. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip, 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium diterjemahkan Benyamin Molan. Jakarta : PT. Prenhallindo

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta . Erlangga

Philip dan Keller K Lane . 2006. Manajemen Pemasaran. Jakarta. Ghalia Indonesia

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi 3.Yogyakarta : ANDI




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5626

Flag Counter   Â