Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Grow Up

Indah Rizky Muhartia, Rini Rinawati

Abstract


Communication technologies provide powerful impact for the development of the media. Ease presented by social media available, able to eliminate distance and time available. Considering how the development of Indonesian youth become young entrepreneurs, the brand owner should go the extra mile to attract the attention of consumers in Indonesia. Sales promotion is one type of communication that is often used by marketers. As one element of the promotional mix, sales promotion is the most important element in product promotion activities. One company that uses Instagram as a medium to inform all forms of promotion of the services offered is Grow Up. Grow Up is one of the companies engaged in social media Instagram. Objective this study to determine the dimensions of Empathy, persuation, Impact and Communication conducted Grow Up in marketing communications (advertising) through @explorebandung Instagram account. This study using the EPIC model where the model is developed by AC Nielsen.The method used in this research is the method of quantitative descriptive study aimed to describe the phenomena that exist, which takes place in the present or the past. Descriptive research can describe a situation, but it could also describe the state of the stages of development. In this study, respondents are 100 followers Instagram account @explorebandung selected by simple random sampling method with the provision that Instagram users active at least three times a day using Instagram app, Instagram users active to follow instagram @explorebandung, Instagram users aged at least -Lack of 16 years and followers who saw the posting advertisements at least 3 times the post in the form of advertising products in @explorebandung Instagram account. The results of this study stated that the dimension Empathy, persuation, Impact and Communication found on instagram account @explorebandung rated excellent by the respondent.

 

Teknologi komunikasi memberikan dampak kuat bagi perkembangan media. Kemudahan yang disuguhkan oleh media sosial yang tersedia, mampu menghilangkan jarak dan waktu yang ada. Mengingat betapa berkembangnya pemuda Indonesia yang menjadi pengusaha muda, para pemilik brand harus bekerja ekstra untuk menarik perhatian konsumen di Indonesia. Promosi penjualan merupakan salah satu jenis komunikasi yang sering dipakai oleh pemasar. Sebagai satu elemen bauran promosi, promosi penjualan merupakan unsur paling penting dalam kegiatan promosi produk. Salah satu perusahaan yang menggunakan Instagram sebagai media untuk menginformasikan segala bentuk promosi jasa yang ditawarkan adalah Grow Up. Grow Up merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang media sosial Instagram.Tujuan Penelitian Untuk mengetahui dimensi Empathy, Persuation, Impact dan Communication yang dilakukan Grow Up dalam komunikasi pemasarannya (iklan) melalui akun Instagram @explorebandung. Penelitian ini menggunakan EPIC Model dimana model tersebut dikembangkan oleh AC Nielsen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuantitatif Deskriptif yaitu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Penelitian deskriptif bisa mendeskripsikan suatu keadaan saja, tetapi bisa juga mendeskripsikan keadaan dalam tahapan-tahapan perkembangannya. Dalam penelitian ini, yang menjadi responden adalah 100 orang followers akun Instagram @explorebandung dipilih dengan metode simple random sampling dengan ketentuan yaitu pengguna Instagram aktif setidaknya sehari tiga kali menggunakan aplikasi Instagram, pengguna Instagram aktif yang mem-follow instagram @explorebandung, pengguna Instagram berusia sekurang-kurangnya 16 tahun dan followers yang melihat postingan berupa iklan sekurang-kurangnya 3 kali postingan berupa iklan produk dalam akun Instagram @explorebandung. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dimensi Empathy, Persuation, Impact dan Communication yang terdapat pada akun instagram @explorebandung dinilai baik oleh responden.


Keywords


Marketing Communications, Social Media, EPIC Model

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Durianto Darmadi, Sugiarto, Anton W. Widjaja, dan Hendrawan S. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Elvinaro, Komala & Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Heinich, R. Dkk. 1993. Instructional Media (and the new technologies of instruction). New York: Memillan Publishing.

Hidayat. 1986. Teori Efektivitas dalam Kinerja Karyawan. Depok : Gajah Mada University Press . PT.Permata Artistika Kreasi.

Kaplan, Robert M. dan Denis P Saccuzza. 1993. Psychological Testing (Principles, Application, and Issues), 3rd edition. California: Brooks/Cole Publishing Company.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktek Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana.

Nickels, William G. 1979. Principles of Marketing, New Jersey: Prentice Hall International Inc, Englewood Cliffs.

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Perjalanan melalui Sosial Media. Jakarta : PT Elex Media Komputerindo.

Rangkuti, Freddy. 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Erlangga.

Sudjana, D. 2002. Metode & Teknik Pembelajaran Partisipasif. Bandung : Falah Production.

Sugiono. 2002. Metode Penelitian Administrasi, Bandung : Alfabeta

Sugiono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Sujanto. 2004. Psikologi Kepribadian. PT Bumi Aksara : Jakarta.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Vera, Nawiroh. 2016. Komunikasi Massa. Bogor : Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5624

Flag Counter   Â