Aktivitas Dakwah Komunitas One Day One Juz Dewan Perwakilan Area Bandung

Andrian Mega Nugraha, O Hasbiansyah

Abstract


This research entitled "Aktivitas Dakwah Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Dewan Perwakilan Area (DPA) Bandung. The purpose of this research was to determine the activities undertaken ODOJ community DPA Bandung, to find communication patterns used in da’wah activity, the medium used in da’wah activities, supporting and inhibiting factors in da’wah activity. This research used a qualitative approach with case study method. The data were obtained through interviews, observation, and literature. Informant researchs the management and the members of the Community ODOJ DPA Bandung who were directly involved in the missionary activity carried out in the city, based on the informant interviewed researchers of 6 (six) people consisting of four (people) board of community ODOJ DPA Bandung and 2 ( two) people from community members ODOJ DPA Bandung. Data analysis techniques are data reduction, data presentation and conclusion. The results of the research includes the activities carried out by the ODOJ community DPA of Bandung divided into two categories, namely online and offline activities. Communication patterns are applied using some kind of communication patterns one of which is a circular communication patterns . Media used in da’wah activity , namely internet media / online more predominant in use, print and verbal media . As well as supporting factors of the community is the number of external support , especially from local authorities , the enthusiasm of members , and the official loyal . While that is the limiting factor , SDM board of the community is still minimal , no coaches and have no secretariat .

 

Penelitian ini berjudul “Aktivitas Dakwah Komunitas One Day One Juz (ODOJ) Dewan Perwakilan Area (DPA) Bandung.†Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan komunitas ODOJ DPA Bandung,cara berkomunikasi yang digunakan dalam aktivitas dakwah, media yang digunakan dalam aktivitas dakwah, apa yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam aktivitas dakwah . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Informan penelitiannya adalah pengurus dan para anggota Komunitas ODOJ DPA Bandung yang yang berperan langsung dalam aktivitas dakwah yang dilakukan di Kota Bandung. Informan yang diwawancarai peniliti berjumlah 6  orang yang terdiri dari 4 orang pengurus komunitas ODOJ DPA Bandung dan 2 orang yang berasal dari anggota komunitas ODOJ DPA Bandung. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi (1) kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas ODOJ DPA Bandung terbagi menjadi 2 kategori (dua) yaitu kegiatan online dan kegiaan offline, (2) Cara berkomunikasi yang diterapkan menggunakan beberapa jenis pola komunikasi salah satunya adalah pola komunikasi sirkular, (3) Media yang digunakan dalam aktivitas dakwah yaitu media internet/online yang lebih dominan di gunakan, media cetak, dan media lisan.Yang menjadi faktor pendukung komunitas adalah banyaknya dukungan dari eksternal terutama dari pemerintah setempat, antusiasme anggota, dan pengurus yang loyal, (4) Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu SDM pengurus komunitas masih minim, tidak ada pembina serta tidak memiliki sekretariat.


Keywords


Activity, Da’wah, and Community

References


Arifin, M. 1997. Psikologi Dakwah Suatu Pengantar Studi. Jakarta: Bumi Aksara

Echols, John M. dan Hassan Shadily. 2005. Kamus Inggris Indonesia :

An English – Indonesian Dictionary. Jakarta: PT Gramedia

Saleh, Rausyad. 1997. Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Soeltoe, Samuel. 1982. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Lembaga Penerbit

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Suhandang, Kustadi. 2014. Strategi Dakwah: Penerapan Strategi Komunikasi Dalam

Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.5280

Flag Counter   Â