STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT “AJAX INDONESIA TOUR 2014â€

Purindra Yogita

Abstract


Keberhasilan sebuah event pertandingan sepak bola selain ditentukan oleh pertandingan yang dikemas juga ditentukan melalui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan komunikasi pemasarannya. Nine Sport merupakan sebuah perusahaan yang konsisten membawa tim-tim luar negeri untuk bertanding di Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa strategi  komunikasi pemasaran yang dilakukan pada event “Ajax Indonesia Tour 2014â€. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus agar data lebih akurat karena didapat dari hasil wawancara dengan orang yang memiliki peranan besar dalam event “Ajax Indonesia Tour 2014†yaitu tim corporate communication dan marketing Nine Sport, observasi dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam perencanaan komunikasi pemasaran dilakukan penetapan konsep 5P pemasaran event lalu membuat promo plan yang disesuaikan dengan lamanya waktu promosi. Pelaksanaan kegiatan komunikasi pemasaran berupa periklanan, promosi penjualan, pemasaran interaktif dan publisitas. Evaluasi kegiatan diketahui terdapat kendala berupa sulitnya menata media partners dan over budget. Promosi juga dimudahkan dengan nama besar Ajax serta kehadiran Frank de Boer, Edwin van der Sar dan Jaap Stan yang merupakan legenda sepak bola.



DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.46

Flag Counter   Â