Aktivitas Promosi Oliver's Hostelry Melalui Buzzer di Instagram

Belinda Dwilestari, Udung Noor Rosyad

Abstract


Abstract. Promotion is one form of marketing communication that aims to inform and influence potential customers in order compelled the purchase. Promotion is very important because it relates to the viability of a product or service being sold. Promotional activities should be planned carefully so that the message that try conveyed by the company conveyed properly to consumers who then attract consumers to make purchases. As a new thematic hotel which was present in the city, Oliver's Hostelry need to conduct promotional activities to introduce and influence potential customers to visit and stay at Oliver's Hostelry. Promotional activities conducted by Oliver's Hostelry has to be unique and stand out from competitors and delivery of promotional messages to be effective. This thesis was made to determine how the promotional activities carried out by Oliver's Hostelry with Buzz Marketing via Instagram. Because the researchers wanted to know how to do promotional activities in order to introduce Oliver's Hostelry to prospective customers and influence potential customers to come and stay at Oliver's Hostelry. This study used a qualitative method with case study approach. In gathering research data, researchers conducted interviews, observation and literature study to obtain information on the activities that have been carried out and to help the credibility of the results.

 

Abstrak. Promosi merupakan salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang bertujuan menginformasikan serta mempengaruhi calon konsumen agar terdorong terjadinya pembelian. Promosi sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan kelangsungan hidup dari suatu produk atau jasa yang dijual. Aktivitas promosi harus direncakan dengan matang agar pesan yang coba disampaikan oleh perusahaan kepada konsumen tersampaikan dengan baik yang kemudian menarik minat konsumen untuk melakukan pembelian. Sebagai hotel tematik baru yang hadir di kota Bandung, Oliver’s Hostelry perlu melakukan aktivitas promosi untuk memperkenalkan dan mempengaruhi calon konsumen untuk berkunjung dan menginap di Oliver’s Hostelry. Aktivitas promosi yang dilakukan oleh Oliver’s Hostelry haruslah unik agar beda dari pesaing dan penyampaian pesan promosi menjadi efektif. Skripsi ini dibuat untuk mengetahui bagaimana aktivitas promosi yang dilakukan oleh Oliver’s Hostelry dengan Buzz Marketing melalui Instagram. Dikarenakan peneliti ingin mengetahui bagaimana melakukan aktivitas promosi dalam rangka memperkenalkan Oliver’s Hostelry kepada calon konsumen dan mempengaruhi calon konsumen untuk datang dan menginap di Oliver’s Hostelry. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam mengumpulkan data penelitian, peneliti melakukan wawancara, observasi serta studi kepustakaan untuk mendapatkan informasi mengenai kegiatan yang telah dilakukan serta  membantu kredibilitas hasil penelitian.


Keywords


Promotion Activity, Buzz Marketing, Instagram.

References


Alma, Buchari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Effendy, Onong Uchjana. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung: PT Mandar Maju.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasan, Ali. 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Kenedy, John E and Soemanegara, E. R. Darmawan. 2006. Marketing Communication – Taktik dan Strategi. Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Analisis Perencanaan dan Pengendalian, Jilid 2 Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: PT Indeks.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kountur, Ronny. 2004. Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: Penerbit PPM.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Marshall, C and Rossman, G. 1995. Designing Qualitative Research. California: Sage Publication Inc.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Persada.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mowen, John C and Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2003. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2003. Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. 1988. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Rakhmat, Jalaluddin. 1994. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Pemasaran yang Kreatif. Jakarta: Gramedia.

Rosen, Emanuel. 2000. Kiat Pemasaran dari Mulut ke Mulut (The Anatomy of Buzz). Jakarta: PT Elex Komputindo.

Sernovitz, Andy. 2006. Word of Mouth Marketing: How Smart Companies Get People Talking. Chicago: Kaplan Publishing.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional, Jilid II. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulaksana, Uyung. 2007. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sulastiyono, Agus.2006, Manajemen Penyelenggaraan Hotel. Bandung.

Swastha, Basu dan Irawan. Asas-asas Marketing. Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Widjaja, A. W dan Wahab, M. Arisyk. 1987. Ilmu Komunikasi, Pengantar Studi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Widyatama, Rendra. 2007. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Yin, Robert K. 2002. Studi Kasus: Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumber Lain:

(http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150210162426-269-31086/survei-bandung-kota-terfavorit-wisatawan-se-asean/ Akses 10 Februari 2016)

(https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram Akses 22 Maret 2016)

(https://www.businessinsider.com/Instagram-2010-11?IR=T& Akses 22 Maret 2016)

(https://www.instagram.com/about/us Akses 22 Maret 2016)

(http://katakatabaku.blogspot.co.id/2016/04/selebritis-atau-selebriti-yang-benar.html Akses 15 Mei 2016)

(https://id.wikipedia.org/wiki/Daya_cipta Akses 13 Juni 2016)

(https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-instagram-indonesia 17 Juni 2016)

Jurnal:

Chang, Lung-Yu, Lee, Yu-Je dan Huang, Ching-Lin. 2011. “The Influence of E-Word-Of-Mouth on The Consumer’s Purchase Decision: a Case of Body Care Productsâ€, Journal of Electronic Word of Mouth.

Skripsi:

Novenda, Reza. 2014. “Strategi Pelayanan Jasa Hotel The Hills Bukittinggiâ€. Skripsi: Universitas Islam Bandung.

Rafiqamila, Nayinda. 2015. “Promosi Museum Geologi Bandungâ€. Skripsi: Universitas Islam Bandung.

Rusita, Viki Nugraha. 2014. “Promosi dalam Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kota Bandung melalui Pengelolaan Taman Kota Tematikâ€. Skripsi: Universitas Islam Bandung.

Majalah:

Majalah MIX, Edisi Oktober 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4378

Flag Counter   Â