STRATEGI EVENT MARKETING DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN JAWA BARAT DALAM EVENT JAWA BARAT TRAVEL EXCHANGE

Akbar Alfi Dwiyanuar

Abstract


Pariwisata dewasa ini adalah sebuah mega bisnis. Jutaan orang mengeluarkan triliunan dollar Amerika, meninggalkan rumah dan pekerjaan untuk memuaskan atau membahagiakan diri (pleasure) untuk menghabiskan waktu luang (leisure). Hal ini menjadi bagian penting dalam kehidupan dan gaya hidup di negara-negara maju. Namun demikian memosisikan pariwisata sebagai bagian esensial dalam kehidupan sehari-hari merupakan fenomena yang relatif baru. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yang berada di Bandung memahami   bahwa potensi komoditi parawisata Jawa barat harus dipasarkan dengan strategi pemasaran kreatif agar potensi pariwisata yang dimiliki oleh Jawa Barat dapat mempersuasi target pasar untuk mengunjungi Jawa Barat. Karena itu Dinas Pariwisata dan kebudayaan provinsi Jawa Barat memprakarsai event Jawa Barat Travel Exchange. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, dalam event Jawa Barat Travel Exchange Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat yang dilakukan oleh Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (ASITA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah mengggambarkan bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi event marketing Jawa Barat travel Exchange di mana kegiatan Jawa Barat Travel Exchange direncanakan pelaksanaannya bekerjasama dengan pihak stake holder yang mengetahui dan mengelola bidang travel di Jawa Barat.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.437

Flag Counter   Â