Talk Show “Berbagi Cerita Sukses†sebagai Kegiatan Promosi Local Brand di Kota Bandung

Wira Sari, Ike Junita

Abstract


Abstract. The competition in business world demands every business owner to create a promotional strategy in promoting his/her business. The widely used media as a promotional strategy are televisions. Most nowadays programs being broadcast on television do not give any educative and informative sides. However, there is one that offers viewer useful program. As a talk show program that elevates the concept of entrepreneur. Berbagi Cerita Sukses must necessarily present an informative and educative talk show informative and educative so that it may create motivation for viewers watching the episodes in the talk show. The purpose of this thesis is to find out (1) the packaging of Talk Show Berbagi Cerita Sukses in promoting Local Brand in Bandung City (2) the characteristic of Talk Show Berbagi Cerita Sukses in introducing Local Brand to the public, and also to find out (3) the promotions done by Talk Show Berbagi Cerita Sukses team until it can be called as A Promotional Activity Local Brand in Bandung. The method used in this research is qualitative method with case study approach. The collected data are obtained through direct interviews with Producer and Camera Person Talk Show Berbagi Cerita Sukses, and documentation. Based on the results of research conducted, it can be concluded that the packaging of Talk Show Berbagi Cerita Sukses can be used as promotional activities of the local brand in the city because it has an attractively packaged entrepreneur concept so that it can accommodate young entrepreneurs in Bandung City in order to provide a motivation injection to its viewers about ways in developing a business. Besides providing an informative TV show, the Talk Show Berbagi Cerita Sukses also gives promotion to cafes or brands shown in every episode of it through the information about Price, Place, Product and Promotion in the Talk Show Berbagi Cerita Sukses.In order to make the talk show Berbagi Cerita Sukses better in the future, it is suggested that the production team Berbagi Cerita Sukses develop the program and continue to maintain the objectives of the program. 

 

Abstrak. Persaingan di dunia usaha menuntut setiap pelaku usaha untuk membuat strategi promosi dalam mempromosikan usahanya. Media yang banyak digunakan sebagai media promosi adalah televisi. Saat ini program yang ditayangkan di televisi kebanyakan tidak memiliki sisi edukatif dan informatif, tetapi masih terdapat program yang memiliki manfaat. Sebagai salah satu program talk show yang mengangkat konsep enterpreuner. Berbagi Cerita Sukses tentu harus menyajikan sebuah kemasan talk show yang informatif dan juga edukatif agar dapat memberikan motivasi bagi penonton yang menyaksikan tayangan dari Talk Show tersebut. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui (1) Kemasan dari Talk Show Berbagi Cerita Sukses dalam mempromosikan Local Brand di kota Bandung, (2) Kekhasan dari Talk Show Berbagi Cerita Sukses dalam mengenalkan Local Brand kepada masyarakat, dan juga untuk mengetahui (3) promosi yang dilakukan Talk Show Berbagi Cerita Sukses sehingga dapat dijadikan sebagai Kegiatan Promosi Local Brand di Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang diperoleh didapatkan melalui wawancara langsung dengan Producer dan Camera Person Talk Show Berbagi Cerita Sukses, dan juga dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kemasan Talk Show Berbagi Cerita Sukses dapat dijadikan sebagai kegiatan promosi local brand di kota Bandung karena memiliki konsep enterpreuner yang dikemas secara menarik, sehingga dapat mewadahi para pengusaha muda di kota Bandung agar memberikan suntikan motivasi bagi penontonnya mengenai kiat-kiat dalam membangun sebuah usaha. Selain memberikan tayangan yang informatif, Talk Show juga memberikan promosi bagi cafe atau brand yang telah diliput tersebut melalui Price, Place, Product, dan Promotion yang didapatkan dari tayangan Talk Show Berbagi Cerita Sukses. Agar talk show Berbagi Cerita Sukses menjadi lebih baik lagi ke depannya, penulis menyarankan agar tim produksi program Berbagi Cerita Sukses semakin mengembangkan programnya dan terus mempertahankan tujuan dari dibuatnya program tersebut.


Keywords


Talk Show, Packaging, Characteristics, and Promotion

References


Ardianto, Elvinaro Komala, Lukiati. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Rosmawaty. 2010. Mengenal Ilmu Komunikasi. Jakarta: Widya Padjajaran.

Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan Unsur Unsur Pemasaran. Bandung: CV Agung Ilmu.

Saladin, Djasmin. 2010. Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis Teori Aplikasi dan Tanya Jawab. Bandung: Agung Ilmu.

Wibowo, Fred. 1997 Dasar-dasar Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Gramedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.4198

Flag Counter   Â