Hubungan antara Penayangan Advertorial Band Indie di Majalah Online dengan Minat Anggota Komunitas Musik Indie Bandung untuk Beriklan

Rakhmat Akbar Gunawan, Dede Lilis

Abstract


Abstract. Rakhmat Akbar Gunawan, 10080011133, Communications Management, Dede Francine Ch, S. Sos., M.Sc. Relationship Between Views Advertorial Indie Band On Online Magazine With Indie Music Community Interests Bandung. Advertising is the commercial and non-personal communication about an organization and its products are transmitted to a certain target audiences through mass media such as the nature of online media, television, radio, outdoor billboards or public transport. That being the case in this study is an advertorial Bandung Magazine to publish the works of indie music Bandung who has a role in the development of indie music, especially members of the Community Music Indie Bandung, with the way the system publish which has its own charm and can affect masyrakatnya to advertise in the online magazine for the sake of spreading the work product of indie music. Magazine publishes advertorial Bandung indie music using online media or media webzine has a goal to increase the interest of the people of Bandung advertise in particular members of the Community Music Indie Bandung. The purpose of this study, the authors wanted to know how to determine the relationship between advertorial aired indie bands in Bandung Magazine online magazine with advertising interests Bandung indie music community, and then to find out what interests advertise in Bandung webzine Magazine. This study uses a quantitative method with the correlational approach that results obtained can describe Bandung Magazine advertorial relationship with advertising interests Indie Music Community Bandung, and it can be seen that the online media is very influential in this era. The survey results revealed that the advertorial Bandung Magazine over the publication of an independent band has a relationship with advertising interests, only a very low coefficient of relationship. So there are other aspects besides advertorial has a greater relationship with advertising interests.

 

Abstrak. Periklanan adalah komunikasi komersil dan non personal tentang sebuah organisasi dan produknya yang ditransmisikan kesuatu khalayak target melalui media bersifat massal seperti media online, televisi, radio, reklame luar ruang atau kendaraan umum. Yang menjadi kasus dalam penelitian ini adalah advertorial Bandung Magazine yang mem-publish karya-karya musik indie Bandung yang memiliki peran terhadap perkembangan musik indie khususnya anggota Komunitas Musik Indie Bandung Bandung, dengan cara sistem publish yang memiliki daya tarik tersendiri dan dapat mempengaruhi masyrakatnya untuk beriklan di majalah online demi tersebarnya produk karya musik indie. Bandung Magazine melakukan publikasi advertorial musik indie ini menggunakan media media online atau webzine yang memiliki tujuan untuk meningkatkan minat beriklan masyarakat kota Bandung khususnya anggota Komunitas Musik Indie Bandung. Tujuan dari penelitian ini, penulis ingin mengetahui bagaimana mengetahui hubungan antara penayangan advertorial band indie di majalah online Bandung Magazine dengan minat beriklan komunitas musik indie Bandung, kemudian untuk mengetahui minat beriklan di webzine Bandung Magazine. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan pendekatan korelasional agar hasil yang didapat bisa menggambarkan hubungan advertorial Bandung Magazine dengan minat beriklan Komunitas Musik Indie Bandung, dan dapat terlihat bahwa media online sangat berpengaruh di era ini. Hasil penelitian diketahui bahwa advertorial Bandung Magazine mengenai publikasi band indie memiliki hubungan dengan minat beriklan, hanya saja koefisien hubungannya sangat rendah . Jadi terdapat aspek lain selain advertorial yang memiliki hubungan lebih besar dengan minat beriklan.


Keywords


Advertorial Bandung Magazine, indie music, interest in advertising, product advertising shanties.

References


A.B. Susanto dan Himawan Wijanarko, 2004, Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya, Jakarta :PT Mizan Publika

Bajari, Atwar. 2015. Metode Penelitian Komunikasi: Prosedur, Tren dan Etika. Bandung: Simbiosa.

Baksin, Askurifai. 2006. Jurnalistik Televisi, Teori dan Praktek. Bandung: Simbiosa.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2002. Manajemen Pemasaran. Jilid 2, Edisi 12. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin. 2012. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Saladin, Djaslim. 2007. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung. CV. Agung Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3949

Flag Counter   Â