Strategi Komunikasi Program Bandung Menjawab sebagai Media Informasi Pemerintah Kota Bandung

Elvira Putri Kusdiansari, Aning Sofyan

Abstract


Abstract. Bandung is a tourist destination, the city of education, city services, which are therefore the construction and arrangement of its facilities and infrastructure is largely determined by the presence of environmental influence, such as the development of science and technology, population growth is rapidly increasing, and the development of towns surrounding increasing. So that the development and growth requires spatial arrangements and land use in accordance with settlement activities cities healthy, neat, safe and comfortable, to avoid overlapping functions of the city which can cause disorder and kesemerawutan city, the problem is often a problem in public space published through electronic media and print media. Answering their program of Diskominfo Bandung Bandung is easy communication between the government of Bandung with his public, and also to answer and clarify reporting in the mass media. And even this program as a source of information, especially the people of Bandung, Bandung Program answer requires a communication strategy in its implementation in response to the news. This study uses a qualitative methodology using descriptive approach, and data collection techniques in this study using the method: observation, informant interviews, and documentation. The results of the research program Answering Bandung has a communications strategy: selecting the mass media as a medium in which to publish news about the activities or the government of Bandung, inviting SKPD related agencies namely as a communicator in Bandung Answering, doing press conferences are later published,

 

Abstrak. Kota Bandung merupakan kota tujuan wisata, kota pendidikan, kota jasa, yang karena itu pembangunan dan penataan  sarana dan prasarananya sangat ditentukan oleh keberadaan lingkungan yang mempengaruhinya, seperti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, pertambahan jumlah penduduk yang semakin pesat, dan perkembangan kota-kota di sekitarnya yang kian meningkat. Sehingga perkembangan dan pertumbuhan tersebut memerlukan pengaturan tata ruang dan peruntukan lahan yang sesuai dengan kegiatan penataan kota yang sehat, rapi, aman dan nyaman, tidak terjadi tumpang tindih fungsi kota yang dapat menimbulkan ketidaktertiban dan kesemerawutan kota, persoalan itu  sering menjadi permasalahan di ruang publik yang di publikasikan melalui media massa elektronik dan media massa cetak. Adanya Program Bandung Menjawab dari Diskominfo Kota Bandung ini memudahkan komunikasi antara pemerintah Kota Bandung dengan publik nya, dan juga untuk menjawab serta mengklarifikasikan pemberitaan yang ada di media massa. Dan program ini pun sebagai wadah informasi masyarakat Kota Bandung khususnya, Program Bandung menjawab memerlukan strategi komunikasi di dalam pelaksanaanya dalam menanggapi pemberitaan. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, dan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan cara: observasi, wawancara narasumber, dan dokumentasi. Hasil penelitian Program Bandung Menjawab memiliki strategi komunikasi yaitu : memilih media massa sebagai media tempat untuk mempublikasikan kegiatan atau pemberitaan tentang pemerintah Kota Bandung, mengundang SKPD Dinas terkait yakni sebagai komunikator di Bandung Menjawab, melakukan konferensi pres yang kemudian di publikasikan,



Keywords


communications strategy, the government of Bandung, sexy media partnerships and publications, Bandung Answering Program.

References


Ardial, 2004. Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metode Penelitian Untuk Public relations Kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Komunikasi: Teori Dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rodakarya.

Hafied Cangara. 2012. Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta .PT. RajaGrafindo Persada

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualikatif: Paradigma BaruIlmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, (Bandung:2008)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3859

Flag Counter   Â