ANALISIS STRATEGI REBRANDING DISTRO GEOFF

Galih Pratama Ridwan, Udung Noor Rosyad

Abstract


Distro sekarang sudah seperti hujan yang pasti ada di seluruh Indonesia bahkan di dunia terutama di Bandung cikal bakal kehadiran distro, sekarang ada ratusan distro memenuhi ruas jalan di Bandung sekarang sudah dikenal sebagai kota fashion bahkan sudah dikenal sebagai kota distro yang dengan maraknya, di beberapa tempat mangkal anak muda. Pada tahun 2011 adalah tahun yang bersejarah karena Giov membuat keputusan yang berani dan mengejutkan untuk industri kreatif fashion terutama di Bandung, yaitu rebranding dari Giov menjadi Geoff. Keputusan diambil dikarenakan adanya perubahan pasar dan nama yang dianggap terlalu feminim. Penelitian ini untuk mengetahui strategi rebranding distro Geoff untuk meningkatkan minat konsumen dilihat dari segi STP (segmentation, targeting, positioning. Penulis menggunakan studi kasus. Penelitian studi kasus ini bertujuan menggambarkan tentang karakteristik (ciri-ciri) individu, situasi, kelompok tertentu. Data penelitian didapatkan melalui wawancara. Hasil penelitian ini adalah Bagaimana pihak dari Geoff melakukan rebranding bukan semata-mata mengubah nama saja, tetapi mengikuti kebutuhan pasar bukan sekedar membutuhkan produk saja, tetapi membutuhkan aktualisasi diri. Strategi rebranding yang dilakukan oleh Distro Geoff Bandung, dalam memperkenalkan nama barunya agar konsumen lebih loyal kembali. Pasar yang menuntut Geoff merubah nama dan merubah visi dan misi, sebuah produk yang dianggap baru, keberadaan pengenalan kesadaran merek dianggap penting.

 

Kata Kunci : Distro Geoff, Rebranding, Segmentasi, Targeting, and Positioning




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.369

Flag Counter   Â