PROSES PRODUKSI IKLAN KARTU KALBE FAMILY

Taufiq Akbar, Endri Listiani

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena pada era globalisasi saat ini perusahaan tidak hanya beriklan di media cetak dan elektronik pada umunya, tetapi juga media baru internet. Iklan merupakan salah satu bentuk dari promosi yang dilakukan sebuah perusahaan dengan tujuan untuk mempengaruhi pikiran dan tindakan konsumen terhadap barang atau merek yang ditawarkan atau dikenalkan yang pesannya disalurkan melalui media. Seperti PT. Kalbe Farma Tbk yang mengiklankan Kartu Kalbe Family Reward Card nya melalui internet dengan menggunakan animasi. Terdapat tiga tahapan dalam proses produksi iklan yaitu tahap pra produksi, tahap produksi dan tahap pasca produksi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana proses produksi iklan Kartu Kalbe Family Reward Card yang diproduksi oleh GETGIOVIDEO. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah iklan harus melewati tiga tahap yaitu tahap pra produksi intinya mematangkan konsep iklan yang akan di produksi, tahap produksi intinya mengaplikasikan konsep yang sudah direncanakan ke dalam bentuk animasi motion graphic di software after effect, selanjutnya proses pasca produksi yaitu editing offline dan online dari iklan animasi tersebut.


References


Ahmadi, Dadi dan Ane Maryani. 2011. Komunikasi Virtual. Bandung: Ihsan Press.

Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Johnson, Carla dan Monle Lee. 2007. Prinsip-prinsip pokok periklanan dalam perspektif global Jakarta : Kencana.

Kasali, Rhenald. 2008. Manajemen Periklanan : Konsep dan Aplikasinya. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti. Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajaemen Pemasaran Edisi ketiga belas Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. New Jersey: Prantice Hall.

Moh. Nazir, Ph.D. 2007. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia. Jakarta.

Moleong, lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Weiss, Mitch. 2005. Manajemen Iklan di Media Konvergensi, Jakarta. PT. Gramedia Grup

Wells, Moriarty & Mitchell. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.347

Flag Counter   Â