KOMUNIKASI ANTARPRIBADI DALAM PROMOSI ASURANSI
Abstract
Penelitian yang dilakukan berjudul “Komunikasi Antarpribadi Dalam Promosi Asuransiâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi antar pribadi agen terhadap calon nasabah serta untuk mengetahui bauran pemasaran jasa yang paling efektif dalam memasarkan produk jasa asuransi Prudential. Pertanyaan penelitian tersebut mucul dimana peneliti menyadari bahwa Komunikasi antarpribadi yang efektif merupakan faktor yang penting bagi pencapaian tujuan para agen asuransi maupun perusahaan itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah para agen yang telah mendapatkan sertifikat Prudential dan telah memiliki nasabah serta masih aktif bekerja di asuransi Prudential. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu wawancara dan observasi. Data yang diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian ini diperoleh suatu kesimpulan bahwa proses komunikasi antar pribadi yang dilakukan agen terhadap calon nasabah dilakukan secara sistematis, sopan dan terbuka. Selain itu, bauran pemasaran jasa yang paling efektif dalam pemasaran produk jasa asuransi adalah penjualan tatap muka (personal selling) yang terjalin komunikasi antar pribadi di dalamnya. Hal ini dikarenakan tujuan dari pemasaran produk jasa asuransi adalah menginformasikan serta member penjelasan tentang asuransi Prudential secara terperinci kepada calon nasabah.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.335
  Â