Instagram sebagai Media Periklanan pada Produk Empat Mili

Denadya Putri Amanda, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. In Indonesian market,,the current advertising world can’t be separated from the role of social media Instagram, this is due to effective.and.efficient use of Instagram in digital marketing communication activities..Instagram is an application for uploading photos and videos along with caption, this is what makes it easier for a company to advertise its products or services to the public..One company that relies on Instagram as an advertising medium is Empat.Mili..Empat.Mili is a small company in the form of a local brand in the fashion sector which in its products involves elements of local culture..This study discusses how Empat.Mili utilizes Instagram as an effective and efficient advertising medium. The purpose of this study is to analyze the motives of Empat.Mili using Instagram as an advertising medium, to analyze the advertising strategies carried out by Empat.Mili on Instagram, and to analyze the barriers of Empat.Mili in advertising on Instagram. This study uses a qualitative method with a case.study approach. Data collection techniques used are interviews, documentation, and literature study..The results of this study are:.(1) The motive of Empat.Mili in choosing Instagram as an advertising medium is due to the diverse backgrounds of Instagram users and following marketing in the digital era, both reasons are intended to increase buying interest in products;.(2) Empat.Mili's advertising strategy on Instagram by researching finding target markets by browsing Instagram accounts that contain information about local brands in the fashion sector and participating in online discussion forums. Then switch the Instagram account to a professional account to access the Instagram Ads feature. In a step to build an open bond with his followers on Instagram, Empat.Mili opened a discussion with his followers on Instagram about criticism and suggestions using the Question feature in the InstaStory section;.(3) There are internal and external obstacles in the advertising process on Instagram.

Keywords: Advertising, Social Media, Intagram, Feature..

Abstrak. Di pasar Indonesia pada dunia periklanan saat ini tidak bisa dilepaskan dengan peran media sosial Instagram, hal ini dikarenakan penggunaan Instagram yang efektif dan efisien dalam kegiatan komunikasi pemasaran digital. Instagram merupakan aplikasi untuk mengunggah foto dan video beserta keterangan yang, hal inilah yang memudahkan suatu perusahaan untuk mengiklankan produk atau jasanya kepada publik. Salah satu perusahaan yang mengandalkan Instagram sebagai media periklanan yaitu Empat Mili. Empat Mili merupakan perusahaan kecil berupa merk lokal di bidang mode yang dimana dalam produknya melibatkan unsur budaya lokal. Penelitian ini membahas bagaimana Empat Mili memanfaatkan media sosial Instagram sebagai media periklanan yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis motif Empat Mili menggunakan media sosial Instagram sebagai media periklanan, untuk menganalisis strategi periklanan yang dilakukan Empat Mili di media sosial Instagram dan untuk menganalisis hambatan Empat Mili dalam periklanan di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Motif Empat Mili dalam memilih Instagram sebagai media periklanan dikarenakan latar belakang pengguna media sosial Instagram yang beragam dan mengikuti pemasaran di era digital, kedua alasan tersebut ditujukan untuk meningkatkan minat beli pada produk; (2) Strategi periklanan Empat Mili di media sosial Instagram dengan melakukan riset dengan mencari target pasar dengan menjelajah akun Instagram yang memuat informasi mengenai brand lokal di bidang mode dan mengikuti forum diskusi daring. Kemudian mengalihkan akun Instagram menjadi akun professional agar dapat mengakses fitur Instagram Ads. Dalam langkah membangun ikatan terbuka dengan pengikutnya di Instagram, Empat Mili membuka diskusi dengan pengikutnya di Intagram mengenai kritik dan  saran menggunakan fitur Question pada bagian InstaStory; (3) Adanya hambatan internal dan eksternal yang dalam proses periklanan di media sosial Instagram.

Kata Kunci: Periklanan, Media Sosial, Instagram, Fitur.


Keywords


Periklanan, Media Sosial, Instagram, Fitur.

Full Text:

PDF

References


DeVito, Joseph A. 2009. Interpersonal Communication. New York: Harper Collins College Publisher.

Harjanto, Rudy. 2009. Prinsip-Prinsip Periklanan. Jakarta: PT: Gramedia Jakarta.

Jefkins, Frank. 1994. Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Lutrell, Regina. 2015. Media Sosial: How to Engage, Share, and Connect. United Kingdom: Rowman & Littlefield.

Mondry. 2008. Pemahaman Teori dan Praktikum Jurnalistik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryanto, M. 2007. Marketing Strategy Top Brand Indonesia. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Azis Alamsyah Nusantara, Sofyan Aning. (2021). Hubungan antara Daya Tarik Iklan Instagram Nah Project dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 1(1), 10-15




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.31310

Flag Counter   Â