Efektivitas Isi Pesan Iklan Media Luar Ruang Provider xl di bandung

Delta Arianda

Abstract


Di era perkembangan zaman seperti saat ini berbagai perusahaan-perusahaan barang/jasa semakin intensif beriklan khususnya pada media luar ruang (MLR). Media luar ruang dipandang sebagai media kedua yang tingkat keefektifan iklannya cukup baik, satu level dibawah media iklan melalui televisi. Efektivitas iklan menjadi hal yang perlu untuk dikaji untuk mampu mengetahui iklan mana yang ideal dan yang tidak.Iklan yang dianggap efektif itu dipandang bilamana mampu menghadirkan beberapa tahapan respon, mampu menarik perhatian, menimbulkan rasa ingin tahu, menimbulkan keinginan, dan merangsang tindakan nyata.Untuk memperoleh hasil tersebut, maka digunakan teori Customer Response Index (CRI).

Keywords


Efektivitas iklan

References


Best, Roger J. 2012. Market-based management: strategies for growing customer value and profitability 6th ed. New Jersey: Prentice Hall

Durianto, Darmadi, dkk. 2003. Invasi pasar dengan iklan yang efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, Onong Uchjanana. 2002. Hubungan masyarakat : suatu studi komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supriyanto, Sugeng. 2009. Meraih Untung dari Spanduk hingga Billboard. Yogyakarta: Pustaka Grahatama.

Sumber lain:

Bachdar, Saviq. 2015. “Beriklan di Media Luar Ruang Masih Potensialâ€, http://marketeers.com/article/beriklan-di-media-luar-ruang-masih-potensial.html. Tanggal akses 12 september 2015, pk. 13.47 WIB.

Susanta. 2008. Respon Konsumen terhadap Iklan Mie Sedap,†dalam Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 6, Nomor 2, Agustus 2008

Utama, Sandy Surya dkk. 2009. Efektivitas Iklan Televisi Partai Gerindra berdasarkan Metode Customer Response Index (CRI) Di Salatiga. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Yunianto, Roni dkk. 2015. “Indosat siapkan obligasi dolar ; XL incar posisi kedua operator seluler terbesarâ€, http://www.ibpa.co.id/News/ArsipBerita/tabid/126/EntryId/827/Indosat-siapkan-obligasi-dolar-XL-incar-posisi-kedua-operator-seluler-terbesar.aspx. Tanggal 12 september 2015, pk. 21.18 WIB




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.3115

Flag Counter   Â