Profesi Bisnis dalam Perspektif Etika

Surajiyo Surajiyo

Abstract


Abstract. One of the professional ethics is business ethics. Business people professionals must develop business ethics because it is an element in business endeavors. This study aims to determine the need for ethics in business. This research uses the library research method, so that the study is based on expert opinions about the need for ethics in business. Ethics of doing business can be done in all aspects. Maintaining mutual trust in cooperation will have a major effect on business reputation. Of course this will not provide immediate benefits, but it is a form of long-term investment in doing business. This paper will discuss what ethical principles a businessman should do so that business ventures can be successful and develop in the long term.

Abstrak. Salah satu etika profesi adalah etika bisnis. Para professional orang-orang bisnis harus mengembangkan etika bisnis karena hal itu merupakan unsur dalam usaha bisnis.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlunya etika dalam berbisnis. Penelitian ini menggunakan metode kajian kepustakaan (library research), sehingga kajian didasarkan pada pendapat-pendapat ahli tentang perlunya etika dalam  bisnis  Etika berbisnis ini bisa dilakukan dalam segala aspek. Saling menjaga kepercayaan dalam kerjasama akan berpengaruh besar terhadap reputasi bisnis. Tentunya ini tidak akan memberikan keuntungan segera, namun ini adalah wujud investasi jangka panjang dalam berbisnis. Tulisan ini akan membahas prinsip-prinsip etis apakah  yang harus dilakukan oleh pebisnis  sehingga usaha bisnis dapat berhasil dan berkembang dalam jangka panjang.


Keywords


Etika, Moral, Profesi, Pebisnis.

Full Text:

PDF

References


Abbas Hamami M., “Etika Keilmuanâ€, 1996, dalam Ali Mudhofir dkk, Filsafat Ilmu, Liberty bekerja sama dengan YP Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta.

Achmad Charris Zubair, Kuliah Etika, Rajawali Pers, Jakarta, 1987

Bertens, K., 1993, Etika, PT Gramedia, Jakarta.

Bekum Rafik Issa, (2004). Etika Bisnis Islami(Terjemahan Muhammad). Pustaka Belajar, Yogyakarta

Parmono, R., “Manusia Susila merupakan Perkembangan Fitrah Manusia Sendiriâ€, 1983, dalam Beberapa Pemikiran Kefilsafatan, Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta.

Suseno, Frans Magnis dkk., 1991, Etika Sosial Buku Panduan Mahasiswa, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Suseno, Frans Magnis, 1987, Etika Dasar Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral, Kanisius, Yogyakarta.

Suseno, Frans Magnis. 1991, Berfilsafat Dari Konteks, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Keraf, Sonny, 1998, Etika Bisnis Tuntutan dan Relevansinya, Kanisius, Yogyakarta.

Sudarminta, J., “Etika Profesi Bagi Dosenâ€, 1994, dalam D. Moedjanto MA, Tantangan Kemanusiaan Universal Antologi Filsafat, Budaya, Sejarah Politik dan Sastra, Kanisius, Yogyakarta, Cetakan keempat.

Sunoto, 1982, Bunga Rampai Filsafat, Yayasan Pembinaan Fakultas Filsafat UGM, Yogyakarta.

Surajiyo, Etika Profesi bagi Dosen, Dalam Majalah WIDYA, Januari 1998, No. 148 Tahun XV.

Wahyono, Teguh, 2006, Etika Komputer dan tanggung jawab profesional di bidang teknologi informasi, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

https://dianpurnamasari1004.wordpress.com/2013/10/07/teori-etika-bisnis/ diakses Tanggal 8 Februari 2016.

https://www.situsekonomi.com/2020/02/3-prinsip-dasar-etika-bisnis.html diakses tanggal 31 Maret 2021

https://www.jojonomic.com/blog/etika-profesi/ diakses tanggal 31 Maret 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27299

Flag Counter   Â