Komunikasi Bisnis dan Citra Merek Berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan

Salsabila Azaria Amadeapuri, Satiri Satiri

Abstract


Abstract. The purpose of this research is to see the effect of the influence of Brand Image on increasing XL Customer Loyalty in MNC Finance, Kebon Sirih and whatever the big influence is. The background of this research is because in Indonesia there are more and more factors and businesses in the present era and they must be required to be able to maintain their image while maintaining and of course increasing the loyalty of their customers, one of which is XL Axiata which is still the number 3 largest provider company. in Indonesia according to Top Brand. This research is a quantitative research where this research method uses purposive sampling method and the sampling technique uses accidental sampling with the collection of research data using a direct questionnaire which is distributed directly in MNC Finance, Kebon Sirih. Responses from this study were taken from 166 MNC Finance employees who used XL, the research sample was taken using Raosoft. This study uses three testing techniques, namely, validity test, reliability test and simple linear regression test which are retested using SPSS. The results of this study indicate the influence between the independent variable Brand Image and the dependent variable Customer Loyalty, as well as in this study shows that there is a strong relationship between the independent variable Brand Image and the dependent variable Customer Loyalty.

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh Citra Merek terhadap peningkatan Loyalitas Pelanggan pengguna XL di MNC Finance, Kebon Sirih dan seberapa besar pengaruh tersebut. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini dikarenakan di Indonesia sudah semakin banyak  munculnya perusahaan dan bisnis di era sekarang dan mereka harus dituntut untuk bisa mempertahanan citra mereknya sekaligus menjaga dan tentu meningkatkan loyalitas pelanggan yang mereka punya, salah satunya adalah XL Axiata yang masih menjadi perusahaan provider nomer 3 terbesar di Indonesia menurut Top Brand. Penelitian ini adalah peneltian Kuantitatif yang dimana metode sampel penelitian ini memakai metode Purposive Sampling dan teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Accidental Sampling dengan pengum.pulan data penelitian menggunakan survei kuesioner langsung yang disebar langsung di MNC Finance, Kebon Sirih. Responden dari penelitian ini berjumlah 166 yang diambil dari karyawan MNC Finance yang menggunakan XL, sampel peneltian diambil dengan menggunakan Raosoft. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengujian penelitian yaitu, Uji Validitas, Uji Realibilitas dan Uji Regresi linear sederhana yang diuji kembali dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukan adanya pengaruh antara variabel independen Citra Merek dan variabel dependen Loyalitas Pelanggan, sekaligus di dalam penelitian ini menunjukannya adanya hubun.gan yang kuat antara variabel independen Citra Merek dan variabel dependen Loyalitas Pelanggan.


Keywords


Komunikasi, Komunikasi Bisnis Citra Merek, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Amanah, D. (2011). Pengaruh Promosi dan Brand Image (Citra Produk) Terhadap Loyalitas Pembelian Produk Pepsodent di Ramayana Plaza, Jalan Aksara, Medan. Volume 3 N.

Anna N. Madengke, Harry J. Sumamppouw, A. Y. P. (2017). PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN JASA PENYEWAAN ALAT BERAT PADA PT. BUANA OTO MANDIRI. 05 No 006,.

Eva, M & Pina, J. M. 2011. (2011). The Negative Impact of Brand Extensions on Parent Brand Image. Journal of Product & Brand Management., Vol. 12.

Kotler, P. (2012). Kotler P. Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Educ Int. 2012. Pearson Education International.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran Jilid 1. In Jakarta.

Natoadmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Purwanto Djoko. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

Purwanto Djoko. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Belajar.

RANTO, D. W. P. (2017). PENGARUH CITRA TOKO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI YOGYAKARTA. PENGARUH CITRA TOKO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI YOGYAKARTA, Vol. IV ,.

Ratih Hurriyanti. (2014). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. ALFABETHA.

Ratih Hurriyanti. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. ALFABETHA.

Riduwan. (2010). Rumus dan Data dalam Analisis Data Statistika. In Alfabeta. https://doi.org/10.1007/978- 3-662-49054-9_2900-1

Selly, N. (2010). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Marcelio Speed Shop. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Marcelio Speed Shop.

Soeganda Priyatna dan Elvinaro Ardianto. (2009). Tujuh Pilar Komunikasi Bisnis. widya pajajaran.

Soeganda Priyatna dan Elvinaro Ardianto. (2011). Tujuh Pilar Strategi Komunikasi Bisnis. widya pajajaran.

Sugiyono. (2017). Metode Kuantitatif. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (pp. 13–19).f. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, Alfabeta, cv. (2016).

Sulistian, O. (2011). Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Rokok Gudang Garam Filter.

Sulistyari, I. N., & Yoestini. (2012). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Oriflame. In Diponegoro Journal of Management.

Widarjono, A. (2010). Analisis Statistika Multivariat Terapan (Pertama). UPP STIM YKPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.27291

Flag Counter   Â