Rebranding Zora Radio Bandung
Abstract
Zora Radio Bandung merupakan radio anak muda yang kini tengah meramaikan persaingan radio anak muda di kota Bandung. Namun dalam perjalanannya, radio Zora Bandung pun banyak mengalami perubahan dan perombakan serta penyesuaian-penyesuaian baru dalam hal segmentasi pendengarnya dan juga konsep yang dihadirkan dalam tubuh zora radio ini. Dengan segala hal yang terjadi pada tubuh Zora Radio tersebut, rebranding merupakan cara untuk meraih kembali pasar atau pendengar baru untuk mengenalkan kembali Zora Radio Bandung yang baru ini ditengah masyarakat.
Tujuan Penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui alasan Zora Radio Bandung melakukan rebranding, 2) mengetahui bagaimana proses terjadinya rebranding, 3) mengetahui bagaimana kendala yang dihadapi dan solusi yang digunakan untuk mengatasi kendala tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam kepada General Manager, Program Director, serta Marketing Staff dari Zora Radio, observasi, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini adalah adanya pergantian direktur dan manajemen dari Zora Radio Bandung yang merasa perubahan ini sangat tepat dilakukan untuk mempertahankan eksistensi Zora  sehingga rebranding ini dilakukan. Lalu melewati beberapa proses rebranding dan beberapa kendala, sehingga didapat solusi, yang menghasilkan suatu strategi dari Zora Radio Bandung dan berujung membentuk identitas baru Zora Radio Bandung dihadapan pendengarnya sebagai radio anak muda di Kota Bandung.
Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsipPemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Moleong, Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia
Purba. Amir, dkk. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Medan : Pustaka Bangsa Press.
Tjiptono ,Fandy, 2001, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta : PT Raja Grafindo Husada
Sumber Lain:
Muzellec, Laurent, et al. 2003. “Corporate Rebranding – An Exploratory Reviewâ€. Irish Marketing Review, 16 (2), 31-40. Retrieved from Emerald Journal Database.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2713
  Â