Pengaruh Media Komunikasi Besoksenin.co terhadap Perilaku Membaca Masyarakat Kabupaten Majalengka

Rama Ramadhan Efendi, Anne Maryani

Abstract


Abstract. This research was conducted with the aim of knowing how much besoksenin.co media as a new media can influence reading behavior among adolescents in Majalengka Regency. The method used in this research is explanatory quantitative by distributing questionnaires to certain samples. Sampling was carried out using a non-probability technique, namely accidental sampling. As such, the authors set a sample of adolescents in Majalengka Regency aged 17-25 years who already know or have accessed besoksenin.co media. The researcher is one of the media managers so that they get access to be able to share questionnaires online through the Instagram social media portal, so that the intended target will certainly be targeted correctly. The samples taken were 100 respondents. The data obtained were then processed using quantitative research software, namely SPSS version 24 through simple linear regression analysis, where the results obtained would later show the effect of besoksenin.co media as an independent variable on reading behavior as the dependent variable. The results of this study indicate that the communication media besoksenin.co as a new media on reading behavior has a significant effect. Then the influence between the five dimensions of new media gets the result, namely that there is an influence on the dimension of complexity on reading behavior, while on the other four dimensions such as the dimension of business size, media response rate, information control ability, ability.

Keywords: new media, besoksenin.co, reading behavior, teenagers, Majalengka

Abstrak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar media besoksenin.co sebagai media baru dapat memengaruhi perilaku membaca kalangan remaja di Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatori dengan melakukan penyebaran kuesioner pada sampel tertentu. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability yaitu accidental sampling. Sebagaimana tujuan tersebut, penulis menetapkan sampel kalangan remaja Kabupaten Majalengka berusia 17-25 tahun yang sudah mengetahui ataupun pernah mengakses media besoksenin.co. Peneliti merupakan salah satu pengelola media tersebut sehingga mendapatkan akses untuk dapat membagikan kuesioner secara online melalui portal media sosial instagram, sehingga target yang dituju dipastikan akan terbidik secara tepat. Sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang responden. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan perangkat lunak penelitian kuantitatif yaitu SPSS versi 24 melalui analisis regresi linear sederhana yang dimana hasil yang diperoleh nantinya akan menunjukkan pengaruh media besoksesnin.co sebagai variabel bebas terhadap perilaku membaca sebagai variabel terikat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa media komunikasi besoksenin.co sebagai new media terhadap perilaku membaca memiliki pengaruh yang signifikan. Kemudian pengaruh antara kelima dimensi new media mendapatkan hasil yaitu terdapat pengaruh pada dimensi kompleksitas terhadap perilaku membaca, sedangkan pada keempat dimensi lainya seperti dimensi besaran usaha, tingkat respon media, kemampuan pengawasan informasi, kemampuan memfasilitasi komunikasi tidak terdapat pengaruh terhadap perilaku membaca.

Kata Kunci: new media, besoksenin.co, perilaku membaca, remaja


Keywords


new media, besoksenin.co, perilaku membaca, remaja

Full Text:

PDF

References


Ahsanitaqwim, A. M. (2015). Peran Pustakawan dan Perilaku Membaca Siswa-Siswi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Surabaya: Universitas Airlangga.

Akbar, I. (2008). Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Membaca dan Tingkat Kepuasan Remaja terhadap Penerbit Komik Jepang (Manga). Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Andina, E. (2017). Strategi Dosen dalam Pengondisian Perilaku Membaca Mahasiswa di Era Digital. Aspirasi Volume 8 Nomor 2, 195-206.

Arikunto, S. (2010). Research Procedure A Practical Approach. Jakarta: Rineka Cipta.

Azharie, F. (2020, Maret 2). Data Perkembangan Insight Website besoksenin.co. (R. R. Efendi, Interviewer)

Besoksenin.co. (2018). Tentang besoksenin.co. Retrieved Februari 24, 2020, from Besoksenin.co: http://besoksenin.co/tentang/

Besoksenin.co. (2020). Beranda besoksenin.co Majalengka Youth Media. Retrieved Februari 2020, from Besoksenin.co.

Besoksenin.co. (2020). Insight Activity Instagram Besoksenin.co. Retrieved Maret 2, 2020, from Instagram.com: https://www.instagram.com/besokseninco/?hl=id

Besoksenin.co. (2020). Insight Growth Instagram Account Besoksenin.co. Retrieved Februari 24, 2020, from Instagram.com: https://www.instagram.com/besokseninco/?hl=id

Besoksenin.co. (2020). Profile Instagram Account besoksenin.co. Retrieved Februari 24, 2020, from Instagram.com: https://www.instagram.com/besokseninco/

Cangara, H. (2007). Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Dessyana, C. (2018). Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (2019, Maret 26). Jumlah Kepadatan Penduduk Kota Bandung Berdasarkan Kecamatan. Retrieved May 1, 2019, from Open Data Kota Bandung: http://data.bandung.go.id/dataset/jumlah-penduduk-berdasarkan-kepadatan-penduduk

Edy, S. (2016). Pengaruh Intensitas Membaca, Kohevitas Kelompok Referensi dan Kepedulian Klub terhadap Persepsi Individu tentang PSSI dalam Penjatuhan Sanksi Komisi Disiplin pada PSIS Semarang. Majalah Ilmiah Inspiratif Vol.1 No.1, 97.

Efendi, A., Astuti, P. I., & Rahayu, N. T. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Baru terhadap Pola Interaksi Sosial Anak di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora Vol 18 No 2, 12-24.

Efendi, R. R. (2020). Pengaruh Media Komunikasi Besoksenin.co Terhadap Perilaku Membaca Masyarakat Kabupaten Majalengka. Bandung: Universitas Islam Bandung.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

Ekawati, M. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif serta Implikasinya dalam Proses Berlajar dan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 2.

Evanita, S. (2009). Kajian Iklan Televisi dalam Perspektif Teori Pengaruh Selektif. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 7 Nomor 3, 278-281.

Fauziyah, N., & Nuraeni, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Line Today terhadap Meningkatkan Minat Membaca Berita di Kalangan Mahasiswa. e-Proceeding of Management : Vol.4 No.3, 3047.

Felicia, Tiatri, S., & Mularsih, H. (2017). Pengembangan Alat Ukur Motivasi Membaca pada Remaja. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni Vol 1 No 2, 248-258.

Hastjarjo, T. D. (2004). Berkenalan dengan Psikologi Kognitif. Jurnal Intelektual Vol.2 No.2, 2.

Hijriani, A., Muludi, K., & Andini, E. A. (2016). Implementasi Metode Regresi Linier Sederhana pada Penyajian Hasil Prediksi Pemakaian Air Bersih PDAM Way Rilau Kota Bandar Lampung dengan Sistem Informasi Geografis. Jurnal Informatika Mulawarman Vol.11 No.2, 38.

Karim, A. (2011). Media Komunikasi. Medan: Institut Agama Islam Negeri.

Kholisoh, N. (2018). Pengaruh Terpaan Informasi Vlog di Media terhadap Sikap Guru dan Dampaknya terhadap Persepsi Siswa. Jurnal ASPIKOM Volume 3 Nomor 5, 1004-1005.

Kurio. (2016). Data Statistik Minat Baca Indonesia. Retrieved Februari 22, 2020, from kurio.co.id: https://blog.kurio.co.id/

Kurniawan, D. (2018). Komunikasi Model Laswell dan Stimulus-Organism-Response dalam Menwujudkan Pembelajaran Menyenangkan. Jurnal Komunikasi Pendidikan Vol 2 No 1, 60-68.

Lestari, D. (2018). Pengaruh Akun Instagram @hijaberscommunityofficial terhadap Pengetahuan Syiar Islam dan Fashion pada Followers Instagram. Jurnal FISIP Volume 5 Edisi II, 2-4.

Malhotra, N. K. (2007). Marketing Research an Applied Orientation. New Jersey: Pearson.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Mona, M. G., Kekenusa, J. S., & Prang, J. D. (2015). Penggunaan Regresi Linear Berganda untuk Menganalisis Pendapatan Petani Kelapa. Journal of Dedicators Community Vol.4 No.2, 200.

Novianto, A. (2011). Analisis Pengaruh Nilai Tukar (KURS) Dolar Amerika/Rupiah (US$/Rp), Tingkat Suku Bunga SBI, Inflasi, dan Jumlah Uang Beredar (M2) Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 1991.1 – 2010.6. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Pandia, I. (2014). Pengguna Smartphone dalam Mendukung Prestasi Belajar Siswa SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Pembangunan Vol.15 No.2, 125-125.

Pranata, Y., & Amri, A. (2017). Pengaruh Pesan Meme Pendidikan di Media Sosial Instagram terhadap Persepsi Mahasiswa tentang Perkuliahan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Vol 2 No 2, 95-107.

Pratiwi, F. D. (2014). Computer Mediated Communication (CMC) dalam Perspektif Komunikasi Lintas Budaya. Jurnal Komunikasi Profetik Vol 2 No 1, 29-44.

Puspasari, M. E. (2014). Psikologi Kognitif dalam Proses Kreatif. Jurnal Komunikasi Visual Vol.5 No.01, 8.

Putra, A. D., Kusumawardhani, D. E., & Narhetali, E. (2019). Teknik Intervensi Nudge dengan Pendekatan Norm untuk Meningkatkna Perilaku Membaca Remaja. Jurnal Psikologi Sosial Vol.17 No.01, 3-11.

Putri, D. M. (2018). Pengaruh Media Sosial Line Webtoon terhadap Minat Membaca Komik Pada Mahasiswa Universitas Riau. Journal of Management Vol.5 N0.1.

Ramadani, Z. (2017). Pengaruh Berita Politik Dalam Koran Serambi Indonesia Terhadap Pengetahuan Politik Pemuda Kemukiman Silang Cadek, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Vol.2 No.3, 5.

Riswanti, C., Halimah, S., Magdalena, I., & Silaban, T. S. (2020). Perbedaan Individu dalam Lingkup Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Dakwah Vol.2 No.1, 97-98.

Rusman, & dkk. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers. PT Raja Grafindo Persada.

Santoso, L. V. (2018). Analisis Pengaruh Price, Overall Satosfaction, dan Trust terhadap Intention to Return pada Online Store. Jurnal Agora Vol.6 No.1.

Sarina. (2019). Pengaruh Internet Addiction terhadap Minat Baca Buku Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Kajian Informasi dan Perpustakaan Vol.1 No.2, 139.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kunatitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto, D. (2013). Analisis Statistik dengan SPSS. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Suhartanto, D. (2014). Metode Riset Pemasaran . Bandung : Alfabeta.

Supriyanto, W., & Iswandiri, R. (2017). Kecenderungan Civitas Akademika dalam Memilih Sumber Referensi untuk Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Perguruan Tinggi. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi Vol.13 No.1, 82.

Takariani, C. S. (2011). Studi Eksplanatori Survei tentang Pengaruh Chatting Melalui Facebook terhadap Komunikasi Tatap Muka Remaja dalam Keluarga di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Jurnal Penelitian Komunikasi Vo.14 No.2, 134.

Tribun Jabar. (2019, Juni 21). Minat Baca Warga Majalengka Rendah. Pemkab Resmikan Gema Macaku, Bersama Baca Buku 1 Jam. Retrieved Januari 31, 2020, from Tribunjabar.id: https://jabar.tribunnews.com/2019/06/21/minat-baca-warga-majalengka-rendah-pemkab-resmikan-gema-macaku-bersama-baca-buku-1-jam

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 19-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.26120

Flag Counter   Â