Hubungan antara Kredibilitas Pemimpin dengan Prestasi Tim E-Sport BOOM.ID

Riyan Fiqri Noviansyah, Zulfebriges Zulfebriges

Abstract


Abstract. BOOM.ID is one of the best teams in Indonesia that already has a name on the national and international scene. BOOM.ID itself is an organization engaged in e-Sport. E-Sport is an agility contest between individuals or groups that is not limited to physical activities and is carried out using an electronic media. In the field of e-Sport itself there needs to be a presence of a leader. The leader here serves to bring his friends towards the predetermined goal, which is victory. The team has very many achievements on a national and international scale. For this achievement the role of the leader is very influential for the players to be able to get the best results. Victory basically cannot walk alone. An achievement is not the effort of just one person, but involves teamwork. The leader needed to achieve success compared to a team is a leader who has credibility, to direct the players and organize a team. In this process a leader must be able to communicate and have high credibility so that what is conveyed can be well received by the players. This study uses a quantitative method with a correlational approach that aims to determine the relationship between the credibility of the leader which includes expertise, trust, attractiveness and team achievement. The theory used is the Source Credibility Theory according to Hovland, Janis, & Kelley.

Keywords: e-Sport, Credibility, achievement, Leadership

Abstrak. BOOM.ID adalah salah satu tim terbaik di Indonesia yang sudah memiliki nama di kancah nasional maupun internasional. BOOM.ID sendiri merupakan sebuah organisasi yang bergerak di bidang e-Sport. E-Sport merupakan kegiatan adu ketangkasan antar individu atau kelompok yang tidak terbatas hanya pada kegiatan fisik dan dilakukan dengan menggunakan suatu media elektronik. Di bidang e-Sport sendiri perlu adanya kehadiran pemimpin. Pemimpin di sini berfungsi untuk membawa teman-temannya menuju tujuan yang sudah ditentukan, yaitu kemenangan. Tim tersebut sudah sangat banyak meraih prestasi di skala nasional dan juga internasional. Atas pencapaian tersebut peran pimpinan sangat berpengaruh untuk para pemain agar dapat mendapatkan hasil yang terbaik. Kemenangan pada dasarnya tidak bisa berjalan sendirian. Sebuah prestasi bukanlah upaya satu orang saja, melainkan melibatkan kerja sama suatu tim. Pemimpin yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan betanding suatu tim adalah pimpinan yang mempunyai kredibilitas, guna mengarahkan pemainnya dan mengorganisasikan suatu tim. Pada proses ini seorang pemimpin harus dapat berkomunikasi dan mempuyai kredibilitas yang tinggi agar apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh para pemain. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional yang bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara kredibilitas pemimpin yang meliputi keahlian, kepercayaan, daya tarik dengan prestasi tim. Teori yang digunakan adalah Teori Kredibilitas Sumber menurut Hovland, Janis, & Kelley.

Kata Kunci: E-Sport, Kredibilitas, Prestasi, Pimpinan


Keywords


E-Sport, Kredibilitas, Prestasi, Pimpinan

Full Text:

PDF

References


Buku

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Devito, Joseph A. 1997. Komunikasi Antarmanusia. Jakarta: Professional Books.

Kartono, Kartini. 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan (Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rusli Lutan. 1988. Belajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Dirjen Dikti-Depdikbud

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.

Venus, Antar. 2012. Manajemen Kampanye. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Internet

Sumarno Sumoprawiro. 2009. Prestasi Olahraga Indonesia. www. Sumoprawiro.blog.com diakses pada 29 April 2020 pukul 20.20 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25910

Flag Counter   Â