Manajemen Komunikasi Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adhyaksa Persada Indonesia
Abstract
Abstract. PT Adhyaksa Persada Indonesia through corporate social responsibility (CSR Program) created design and architecture to five points a in the organized in 2019-2020 Sukaraja Bandung. Program created design and architecture to the mosque, islamic madrasah education religious. Now, PT Adhyaksa Persada Indonesia still doing process of building five points cloak with a target to 2020 done created design and architecture place of worship over other according to the area that become the target CSR. Research objectives to know the communication to the basic PT Adhyaksa Persada Indonesia in the corporate social responsibility (CSR) five points design and architecture Bandung Sukaraja Mosque. To know reasons why the PT Adhyaksa Persada Indonesia mosque Bandung Sukaraja choose. To see if PT Adhyaksa Persada Indonesia created program corporate social responsibility (CSR) five points design and architecture Bandung Sukaraja Mosque. Qualitative research methodology perspective case study Robert K. Yin emphasized to design research type 1, in which there is only one case and one unit of analysis using interviews with speakers research. The research said it on which to base management communication adhyaksa pt indonesia persada channel corporate social responsibility (CSR) five points design and architecture community mosque in bandung sukaraja sukaraja community to prosper in the islamic studies.
Keywords: Management communication, PT Adhyaksa Persada Indonesia, Corporate Social Responsibility
Abstrak. PT Adhyaksa Persada Indonesia melalui Corporate Social Responsibility (CSR) menciptakan program desain dan arsitektur untuk lima titik masjid yang diselenggarakan pada tahun 2019-2020 di daerah Sukaraja Bandung. Programnya menciptakan desain dan arsitektur untuk masjid, pendidikan madrasah keagamaan Islam. Saat ini, PT Adhyaksa Persada Indonesia masih melakukan proses membangun lima titik masjid dengan target tahun 2020 selesai agar dapat menciptakan desain dan arsitektur masjid di tempat lain yang sesuai dengan wilayah yang menjadi target program CSR. Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi dasar manajemen komunikasi PT Adhyaksa Persada Indonesia pada program Corporate Social Responsibility (CSR) lima titik desain dan arsitektur masjid di Sukaraja Bandung. Untuk mengetahui alasan yang menyebabkan PT Adhyaksa Persada Indonesia memilih masjid di Sukaraja Bandung. Untuk mengetahui mengapa PT Adhyaksa Persada Indonesia menciptakan program Corporate Social Responsibility (CSR) lima titik desain dan arsitektur masjid di Sukaraja Bandung. Metode penelitian kualitatif dengan perspektif studi kasus Robert K. Yin yang lebih ditekankan kepada desain penelitian tipe 1, di mana hanya ada satu kasus dan satu unit analisis dengan menggunakan wawancara dengan narasumber penelitian. Hasil penelitian menjelaskan hal yang menjadi dasar manajemen komunikasi PT Adhyaksa Persada Indonesia menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) lima titik desain dan arsitektur masjid di Sukaraja Bandung karena ingin mensejahterakan masyarakat Sukaraja di sektor kajian agama Islam.
Kata Kunci: Manajemen Komunikasi, Corporate Social Responsibility, PT Adhyaksa Persada Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ani Yuningsih, 2006 “Peran Strategis Profesi Public Relations Dalam Membangun Kemitraan Berbasis Nilai Spiritual†dalam Jurnal Sosial Pembangunan Unisba Vol. XXII No.4 2006
Dede Lilis Ch. Subandy, 2002 “Pemberdayaan SDM melalui Komunikasi Organisasi: Suatu Pendekatan Subjektivis†dalam Jurnal Mediator. Vol 3. Nomer 2. 2002
Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, Nur. 2011. Corporate Social Responsibility edisi Pertama. Yogyakarta : Graha
Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Poerwandari, E. K. 2012. Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia (edisi.Ketiga). Depok: LPSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Santoso, Slamet. 2006. Dinamika Kelompok. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Yin. K. Robert. 2011. Studi Kasus Desain dan Matode. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada
Maxmaroe.com 2019. “Manajemen Komunikasi: Pengertian, Tujuan, Manfaat dan Contohnyaâ€.https://www.maxmanroe.com/vid/sosial/pengertian-manajemen-komunikasi.html Tanggal akses 25 Mei 2020, pk. 10 : 00 WIB
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25489
  Â