Strategi Manajemen Event West Java Festival 2019

Reza Fajar Nugraha, Satya Indra K

Abstract


Abstract. West Java Festival 2019 is the main event of the 74th anniversary of West Java Province. The event management of West Java Festival 2019 is an activity which is first time conducted by the government of West Java with large-scale affairs and aims to increase the number of tourism visits to West Java with wrapped in the concept of cultural festival. The concept of the cultural festival is combined with the modern performance who have featuring of many national artists, that because the purpose is to be accepted by the target market is millenial. The research method used in this study is a qualitative research method with case study approach. The results of this study, namely, the Department of Tourism and Culture of West Java as the organizer has done the activities of the event management properly and professionally. This is evidenced by the stages of the process of organizing the event through the Planning stages (Preliminary Plan and Final Plan) stage of preparation and implementation of the event, and the last stage of the evaluation. Implementation of the West Java Festival 2019 organized by the Department of Tourism and Culture of West Java is considered to have been successful carrying out of the activity. It is seen from the indicators of achievement through the high number of pengungjung, the quality of the performers and the rate of purchase of the “UMKMâ€.

Keywords: Event, Festval, Promotion, West Java Festival 2019.

Abstrak. West Java Festival 2019 merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Jadi Jawa Barat ke-74. Penyelenggaraan West Java Festival di tahun 2019 ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh pemerintah Jawa Barat dengan sekala yang besar dan bertujuan untuk meningkatkan angka kunjungan pariwisata ke Jawa Barat dengan dibalut konsep festival kebudayaan. Konsep festival kebudayaan ini dipadukan dengan hiburan modern yang menampilkan berbagai artis nasional dengan tujuan untuk bisa diterima oleh target pasar kalangan millenial. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini yaitu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat sebagai penyelenggara telah melakukan kegiatan manajemen event dengan baik dan profesional. Hal ini ditunjukan dengan adanya tahapan proses penyelenggaraan event dengan melalui tahap Perencanaan (Rencana Awal dan Rencana Akhir) tahap persiapan dan pelaksanaan event, dan terakhir tahap evaluasi. Penyelenggaraan West Java Festival 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat dianggap telah sukses melaksanakan kegiatan. Hal ini dilihat dari indikator pencapaian dengan melalui tingginya jumlah pengungjung, kualitas pengisi acara dan tingkat pembelian terhadap UMKM.

Kata Kunci: Event, Festival, Promosi, West Java Festival 2019.


Keywords


Event, Festival, Promosi, West Java Festival 2019.

Full Text:

PDF

References


Alwasilah, A. Chaedar. 2012. Pokoknya kualitatif. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.

Dshauma, J. L., Wilopo, W., & Alfisyahr, R. 2018. “Analisis Manajemen Event Pariwisata Olahraga Bromo Marathon (Studi Kasus Pada Daerah Tujuan Wisata Bromo Tengger Semeru)â€. Jurnal Administrasi Bisnis, Universitas Brawijaya Malang. Volume 64, No. 1. Tahun 2018 (hlm. 109-118)

Noor, Any. 2017. Manajemen Event, Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Prasanti, D., & Fuady, I. 2017. “Strategi Komunikasi Dalam Kesiapan Menghadapi Bencana Longsor Bagi Masyarakat Di Bandung Barat (Studi Kasus Tentang Strategi Komunikasi Dalam Kesiapan Menghadapi Bencana Longsor Bagi Masyarakat Kawasan Pertanian Di Kaki Gunung Burangrang, Kab. Bandungâ€. Jurnal Komunikasi, Universitas Trunojoyo Madura. Volume 11, No. 2. Tahun 2017 (hlm. 135-148)

Patilima, Hamid. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta

Wibowo, A. L dan Priansa, D. J. 2017. Manajemen Komunikasi dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus: Desain dan Metode. Cetakan Ke-14. Penerjemah: M. Djauzi Mudzakir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25415

Flag Counter   Â