Pengaruh Pesan Kampanye “Cegah Covid-19 #Dirumahaja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh†melalui Instagram terhadap Sikap Publik

Sasbila Larasati Fitriansyah, Ike Junita Triwardhani

Abstract


Abstract. The easiness of using social media Instagram has made campaigners take them advantage for the process of delivering messages. The emergence of COVID-19 which was confirmed by Jokowi through his official Instagram made the panic buying phenomenon appear in the middle conditions of Indonesian society. This has led many organizations and individuals to leads the campaign messages through #DiRumahAja on various social media. Indonesiabaik.id also voiced a campaign entitled “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh†on Instagram. In his delivery, Indonesiabaik.id appealed the public to isolate themselves at home through #DiRumahAja and continue to maintain and implement a healthy lifestyle through illustrations and simple words. This study aims to understand how big the influence of campaign message entitled “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh†examined by measuring the content and structure of the messages via Instagram from the publics. Basic Linear Regression Analysis Method is the asosiatif-quantitative method applied in this study. The research data ware obtained from a questionnaire distributed to 355 likers from the campaign messages obtained from the Simple Random Sampling technique. The results showed that the correlation coefficient of the Campaign has a very strong influence equal to 0.848 on Public Attitudes.

Keywords: Campaign Message, Public Attitude, Health campaign, COVID-19 Campaign, Indonesiabaik.id

Abstrak. Kemudahan penggunaan media sosial instagram, membuat para pelaku kampanye turut memanfaatkan instagram dalam proses penyampaian pesan-pesannya. Kemunculan COVID-19 yang dikonfirmasi oleh Jokowi melalu instagramnya membuat fenomena panic buying muncul di tengah kondisi masyarakat Indonesia. Hal ini membuat banyak organisasi maupun individu berlomba-lomba menyuarakan pesan kampanye melalui #DiRumahAja di berbagai media sosial. Indonesiabaik.id juga turut menyuarakan kampanyenya bertajuk “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh†di Instagram. Pada penyampaiannya, Indonesiabaik.id memberikan himbauan kepada publik untuk melakukan isolasi di rumah sendiri melalui #DiRumahAja dan tetap menjaga dan menerapkan pola hidup sehat melalui ilustrasi dan kata-kata yang sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pesan kampanye “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh†yang dilihat dari pengukuran isi pesan dan struktur pesan melalui Instagram terhadap sikap publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah asosiatif-kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Data penelitian didapatkan dari kuesioner yang disebarkan kepada likers posting-an di Instagram Indonesiabaik.id sebanyak 355 orang, didapat dari teknik Simple Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien korelasi Pesan Kampanye “Cegah COVID-19 #DiRumahAja dan Tetap Jaga Sistem Imun Tubuh†memiliki pengaruh yang sangat kuat sebesar 0,848 terhadap Sikap Publik.

Kata Kunci: Pesan Kampanye, Sikap Publik, Kampanye Kesehatan, Kampanye COVID-19, Indonesiabaik.id


Keywords


Pesan Kampanye, Sikap Publik, Kampanye Kesehatan, Kampanye COVID-19, Indonesiabaik.id

Full Text:

PDF

References


Tosepu, Y. A. 2018. Media Baru dalam Komunikasi Politik (Komunikasi Politik I Dunia Virtual). Surabaya: CV. Jakad Publishing Surabaya.

Unaradjan, D. D. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Venus, A. 2004. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi (Cetakan Pe). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Venus, A. 2018. Manajemen Kampanye Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik (Revisi Cet). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wawan, A & M, D. 2018. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Wahyuni, H. I. 2013. Kebijakan Media Baru di Indonesia (Harapan, Dinamika dan Capaian Kebijakan Media Baru di Indonesia). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Thesis

Apriliana, M. A. 2019. “Pengaruh Penggunaan dan Terpaan Media Sosial terhadap Tingkat Perubahan Sikap (Studi Kasus Kampanye #PantangPlastik di Instagram @Greenpeaceid)â€. Tangerang: Universitas Multimedia Nusantara

Permana, A. S. 2013. “Kampanye Anti Pornografiâ€. Thesis. Bandung: Universitas Widyatama

Jurnal

Ting, H., Ming, W. W. P., Run, E. C. De, & Choo, S. L. Y. 2015. “Beliefs about the Use of Instagram: An Exploratory Studyâ€, dalam International Journal of Business Innovation and Research, 2 (2).

Website

“Kebijakan Pemerintah Dalam Mengatasi Panic Buying Akibat COVID-19â€. https://sdip.dpr.go.id/search/detail/category/Info Singkat/id/1044. Tanggal Akses 27 Mei 2020, pk. 15:03 WIB

“Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) - Rev 4â€. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/COVID-19 dokumen resmi/REV-04_Pedoman_P2_COVID-19_ 27 Maret2020_Tanpa TTD.pdf.pdf. Tanggal Akses 30 Juli 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25330

Flag Counter   Â