Strategi Segmentasi Pasar Red Lotus Rent Car

Vega Turana, Satya Indra Karsa

Abstract


Abstract. The increasing number of car rental service companies in Bandung has led to a lot of competition or competition between car rental service companies. The importance of using the right strategy to face increasingly fierce competition. Market segmentation is a concept that is very important to understand and serve consumers better and the most important thing is to satisfy the needs and desires of the intended consumers. Red Lotus is a car rental company that puts forward thetype city car. The purpose of the research conducted by the author is to find out how the market segmentation strategy is carried out, how to determine the market segmentation and how thestrategy Red Lotus in increasing the number of consumers as a marketing communication activity. To conduct research on this market strategy, the author uses qualitative methods. This type of research is more emphasized to explore the meaning stored in a social phenomenon. That way, this type of research can provide in-depth results because the data can be open. The approach used in this research is a case study because this phenomenon occurs within a certain time limit and the researcher emphasizes the process. From the research that has been done, the researchers found that themarket segmentation strategy Red Lotus Rent Car is to determine market segmentation based on geographic, demographic and psychological terms. Positioning is carried out by Red Lotus by displaying its advantages and differentiating it from other places in the form of its fleet which is more in accordance with the segment and the target that has been determined, namely the  city car. Marketing communication activities carried out by Red Lotus through advertising are to provide information and also persuade the public to rent products from  Red Lotus Rent Car. The obstacles faced by the Red Lotus Rent Car are intense competition due to theconditions Covid-19 pandemic. The reason Red Lotus undertakes a segmentation strategy is so that companies can classify homogeneous consumers. 

Keywords: SegmentationStrategy, Targeting, Positioning and Marketing Communication

Abstrak. Semakin banyaknya perusahaan jasa rental mobil yang berada di Kota Bandung menimbulkan banyaknya persaingan atau kompetisi antar perusahaan jasa rental mobil. Pentingnya untuk menggunakan stategi yang tepat untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Segmentasi pasar merupakan suatu konsep yang sangat penting untuk memahami dan melayani konsumen secara lebih baik dan yang terpenting adalah memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen yang dituju. Red Lotus adalah perusahaan rental mobil yang mengedepankan mobil-mobil yang berjenis city car. Tujuan penelitian yang dilakukan penulis yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi segmentasi pasar yang dilakukan, bagaimana menetapkan segementasi pasar tersebut dan bagaimana strategi Red Lotus dalam meningkatkan jumlah konsumen sebagai salah satu kegiatan komunikasi pemasaran. Untuk melakukan penelitian mengenai strategi pasar ini, penulis menggunakan metode kualitatif. Jenis penelitian ini lebih ditekan kan untuk menggalimakna yang tersimpan pada suatu fenomenasosial. Dengan begitu maka jenis penelitian ini dapat memberikan hasil yang mendalam karena data yang di dapat bersifat terbuka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus karena fenomena ini terjadi dalam batas waktu tertentu dan peneliti menekankan pada prosesnya. Dari penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan strategi segmentasi pasar Red Lotus Rent Car adalah dalam menetapkan segmentasi pasar berdasarkan geografis, demografis dan psikologis. Positioning yang dilakukan Red Lotus dengan menampilkan kelebihan yang dimilikinya dan menjadi pembeda dengan tempat lainnya berupa armada yang dimilikinya lebih banyak sesuai dengan segmen dan target yang telah ditentukan yaitu city car. Kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Red Lotus melalui periklanan yaitu untuk memberikan informasi dan serta membujuk masyarakat untuk menyewa produk dari Red Lotus Rent Car. Kendala yang di hadapi Red Lotus Rent Car ketatnya persaingan dikarenakan kondisi pandemic Covid-19. Alasan Red Lotus melakukan strategi segmentasi agar perusahaan dapat mengelompokkan konsumen yang homogen

Kata Kunci: Strategi Segmentasi, Target, Posisi dan Komunikasi Pemasaran


Keywords


Strategi Segmentasi, Target, Posisi dan Komunikasi Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Boyd, Walker & Larreche. 2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global. Edisi kedua. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2012. Principles of marketing ; 14th ed. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2016 Marketing Management 15 Global Edition. London: Pearson Education Limited.

Lupiyoadi, Rambat & Hamdani.2008. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi dua. Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Schiffman, L G & Kanuk, L L. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT Indeks Ground Media.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset.

Yin, Robert K. 2015. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25312

Flag Counter   Â