Makna Video Kampanye Greenpeace Versi “Halo, Namaku Hutanâ€

Irsyad Aziz Ismail, Indri Rachmawati

Abstract


Abstract. Greenpeace is a non-governmental organization (NGO) that is oriented to save nature, one of which is forests, seeing the reality of nature in Indonesia, especially forests, because of the large number of illegal burning or deforestation by humans. Greenpeace has always made movements in the form of campaigns either in person or through certain media to always remind the public of the importance of protecting nature and the campaign. The mass media YouTube is one of the main campaign channels due to the wide target audience so that the objectives of the campaign can be achieved. The purpose of this study was to determine the meaning of education contained in the Greenpeace campaign video “Hello, My Name is Forest†version on YouTube. The researcher used a qualitative method with the semiotic analysis approach of Charels Sanders Peirce, by digging deeper into the message of the campaign by bringing out the educational meaning contained in the campaign video version of "Hello, My Name is Forest". The data collection techniques used in this study were interviews and literature study. The subject of this research is the video campaign which is divided into four pieces of the scene which will be analyzed with aspects of the sign, object, and interpretant based on these three things which will bring out the educational meaning contained in the Greenpeace campaign video version of "Halo, Namaku Hutan".

Key Word: Semiotics, Environmental Campaign, Meaning of Education

Abstrak. Greenpeace merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berorientasi untuk menyelamatkan alam salah satunya adalah hutan, bahwa melihat realitas alam di indoensia khususnya hutan, karena banyaknya pembakaran liar atau deforestasi yang dilakukan manusia.  Greenpeace selalu membuat gerakan berupa kampanye baik secara langsung atau melewati media tertentu untuk selalu mengingatkan kepada khalayak pentingnya menjaga alam dan kampanye tersebut. Media massa youtube menjadi salah satu saluran kampanye utama dikarenakan faktor target khalayak yang luas sehingga tujuan dari kampanye bisa dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna edukasi yang ada didalam video kampanye Greenpeace Versi “Hallo, Namaku Hutan†di youtube. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotika Charels Sanders Peirce, dengan menggali lebih dalam pesan dari kampanye tersebut dengan memunculkan makna edukasi yang ada di dalam video kampanye versi “Hallo, Namaku Hutanâ€. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan studi kepustakaan. Subjek penelitian ini ialah video kampanye tersebut yang bagi kedalam empat potongan scene yang nantinya akan di analisis dengan aspek sign,object, dan interpretant berdasarkan ketiga hal tersebut, memunculkan makna edukasi yang terkandung dalam video kampanye Greenpeace versi “Hallo, Namaku Hutanâ€

Kata Kunci: Semiotika, Kampanye Lingkungan, Makna Edukasi


Keywords


Semiotika, Kampanye Lingkungan, Makna Edukasi

Full Text:

PDF

References


Hudha, Atok Miftachul dkk. 2019. Etika Lingkungan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang

Syafi’i, Ghozali Achmad. 2017. “Warna Dalam Islam†dalam Jurnal An-nida: Jurnal Pemikiran Islam. Edisi Juni 2017 Vol. 41 No. 1 (hlm 62-70)

Suprapto, Tommy. 2009. Pengantar Teori dan Manajemen Komunikasi. Yogyakarta : Media Pressindo

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sya’ban, Ali Moh. Tinjauan Mata Pelajaran IPS SMP Pada Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Peduli Akan Tanggung Jawab Lingkungan dalam Jurnal Geografi : Edukasi dan Lingkungan. FKIP UHAMKA. Vol. 2, No. 1, Januari 2018 (hlm.32-44)

Venus, Antar. 2004. Manajamen Kampanye. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika Dalam Riset Komunikasi. Bogor : Ghalia Indoensia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25271

Flag Counter   Â