Hubungan Brand Positioning Sepatu Ventela dengan Keputusan Pembelian
Abstract
Abstract. Along with the development of the times, competition in the business world is very tight by demanding a competitive advantage that every company must have and requires the right marketing strategy. By having the right marketing strategy, it will be easier for companies to market or sell their products according to predetermined targets. In general, sales objectives can be achieved if sales can be carried out by plans that have been made by a company. Therefore, not all sales of goods and services that are sold will always generate profits, because companies must pay attention to the process of sales that can determine the success or failure of sales of these goods or services, therefore the need for a marketing process through Brand Positioning to increase sales. This study looks at the relationship between Brand Positioning Shoes Ventela with purchasing decisions. The method used in this research is quantitative with a correlational study approach, using data collection techniques such as questionnaires and literature study. The population in this study were consumers from the Gudang Warrior store who came to the shop to buy Ventela shoes. Sampling using a simple random sampling technique which is included in the category of probability sampling. The sample in this study amounted to 100 respondents with the calculation of determining the sample using the Slovin formula. Data collection techniques in this study using a questionnaire and literature study. The data analysis technique was conducted using a Likert scale with the Pearson correlations formula using SPSS software. Based on the results of the study, it shows a strong relationship between the dimensions of Brand Positioning including Value, Uniqueness, Credibility, Sustainability,and Conformity with the dimensions of Purchasing Decisions. The conclusion from the bivariate data analysis shows that the Pearson correlation figure is 0.750 and the main hypothesis test results obtained a significance value of 0.000. These results indicate a number smaller than the cut-off value, which is 0.05, which means it has a strong level of relationship. This is because the statement on the dimensions of value, uniqueness, credibility, sustainability, conformity with purchasing decisions is related to the brand positioning of Ventela shoe products.
Keyword: Brand Positioning, Purchasing Decisions, Ventela.
Abstrak. Seiring berkembangnya zaman, persaingan di dunia bisnis sangatlah ketat dengan menuntut adanya keunggulan bersaing yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan dan membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Dengan mempunyai strategi pemasaran yang tepat, perusahaan akan lebih mudah untuk memasarkan atau menjual produknya sesuai dengan target yang sudah ditentukan. Pada umumnya, tujuan penjualan dapat dicapai apabila penjualan dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah dibuat oleh suatu perusahaan. Oleh karena itu tidak semua penjualan barang dan jasa yang terjual akan selalu menghasilkan keuntungan, karena perusahaan harus memperhatikan proses dari penjualan yang dapat menentukan berhasil atau tidaknya penjualan dari barang atau jasa tersebut, maka dari itu diperlukannya proses pemasaran melalui Brand Positioning untuk meningkatkan penjualan. Penelitian ini melihat hubungan antara Brand Positioning Sepatu Ventela dengan keputusan pembelian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional, menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini ada konsumen dari Toko Gudang Warrior yang datang ke toko untuk membeli produk Sepatu Ventela. Penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang termasuk ke dalam kategori probability sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dengan perhitungan penentuan sampel menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner/angket dan studi pustaka. Teknis analisis data yang dilakukan pada menggunakan skala pengukuran likert dengan rumus pearson correlations melalui software SPSS. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan hubungan yang kuat antara dimensi Brand Positioning diantaranya Nilai, Keunikan, Kredibilitas, Berkelanjutan dan Kesesuaian dengan dimensi Keputusan Pembelian. Kesimpulan dari analisis korelasi bivariat didapatkan angka pearson correlations sebesar 0.750 dan hasil uji hipotesa utama didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan angka yang lebih kecil dari cut-off value yaitu sebesar 0,05 artinya memiliki tingkat hubungan yang kuat. Hal ini disebabkan karena pernyataan responden yaitu pada dimensi nilai, keunikan, kredibilitas, berkelanjutan, kesesuaian dengan keputusan pembelian saling berhubungan pada brand positioning produk sepatu Ventela.
Kata Kunci: Brand Positioning, Keputusan Pembelian, Ventela.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Advent, Yohanes Krisdamarjati. 2020. "Ventela dan Tantangan Popularitas Sepatu Lokal di Indonesia", https://bebas.kompas.id/baca/riset/2020/02/29/ventela-dan-tantangan-popularitas-sepatu-lokal-di-indonesia/. Tanggal akses 4 Maret 2020, pk. 00.16 WIB.
Indra, Arie Gunawan. 2013. "Pengaruh Brand Positioning terhadap Loyalitas Pelanggan Surat Kabar Pikiran Rakyat" dalam Edunomic : Jurnal Ilmiah Pend. Ekonomi. Volume 1, Nomor 2, Tahun 2013 (hlm. 138)
Jatmiko. 2015. "Pengaruh Brand Positioning dan Brand Equity terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha" dalam Jurnal Ekonomi. Volume 6, Nomor 2, Tahun 2015 (hlm. 23 - 24)
Kartajaya, Hermawan. 2004. Memenangkan Persaingan dengan Segitiga Positioning-Diferensiasi-Brand Mark Plus and Co. Jakarta: Gramedia.
Kartajaya, Hermawan. 2006. Hermawan Kartajaya On Marketing Mix Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT Mizan.
Knapp. Duane E. 2001. The Brand Mindset (Sisnuhadi Terjemahan). Yogyakarta : Penerbit Andi.
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P dan Keller, Kevin Lane. 2016. Marketing Management 15th Edition. New Jersey : Prentice Hall.
Lilik Suprapti. 2010. Analisis Pengaruh Brand Awareness, Perceived Value, Organizational Association dan Perceived Quality terhadap keputusan Pembelian Konsumen. Skripsi, Ekonomi-S1, Fakultas Ekonomi, Universitas Diponegoro, Semarang.
Susanto A.B dan Wijanarko Himawan. 2004. Power Branding. Jakarta : Quantum Manajemen & Bisnis.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25177
  Â